Masa depan adalah milik mereka yang percaya akan mimpinya.

Kalimat ini sungguh ajaib. Mereka yang percaya dan mampu membangun mimpi-mimpinya pasti juga percaya pada masa depan. Oleh karena itu, tak sedikit orang sukses yang telah mempersiapkan kesuksesannya itu dari impian atau angan-angan di masa kecil. Hal ini menjadi bukti bahwa memiliki impian sejak dini itu sangat memengaruhi kesuksesan masa depan seseorang.

Akan tetapi, tak semua orang sukses itu terlahir dari masa lalu yang bersinar. Ada sebagian orang yang harus berjuang mulai dari nol. Orang-orang seperti inilah yang membuktikan bahwa kesuksesan tidak bisa diraih dengan instan, perlu perjuangan dan tekad yang kuat untuk meraihnya. Hampir seluruh dari kita pasti menginginkan bisa menjadi orang yang sukses di masa depan. Untuk itu, penting memiliki impian maupun cita-cita dalam hidup, terlebih sejak dini. Dengan begitu, kita bisa lebih mempersiapkan impian atau cita-cita kita di masa yang akan datang.

 

Pentingnya Punya Mimpi Sejak Dini

Sebelum membahas lebih jauh terkait impian atau cita-cita, kita pahami dahulu apa sebenarnya impian itu. Mimpi atau impian adalah suatu tujuan yang sangat diinginkan seseorang di kemudian hari. Bisa dikatakan, mimpi berawal dari ambisi atau hasrat dari dalam diri untuk terus bergerak maju demi mewujudkan apa yang diinginkan. Seseorang yang memiliki mimpi, pasti akan menemukan alasan untuk terus bergerak, meski dalam keadaan terpuruk.

Kita ambil contoh Merry Riana. Siapa yang tak kenal Merry Riana, pengusaha perempuan yang sukses berkarier sebagai entrepreneur dan edukator. Merry Riana berhasil mewujudkan impiannya menjadi pengusaha dengan mimpi sejuta dolar. Ada pula Nadiem Makarim, pendiri marketplace gojek, yang berhasil mewujudkan mimpinya untuk bisa dengan mudah memesan transportasi umum dari mana dan kapan saja. Mereka membuktikan bahwa dengan memiliki mimpi, kita bisa sukses suatu hari nanti.

Dua tokoh di atas adalah contoh dari orang-orang yang memiliki impian sebelum mereka sukses. Ini seharusnya bisa menjadi motivasi bagi anak-anak muda untuk memiliki dan meraih mimpinya. Meski mayoritas anak yang mau menginjak usia dewasa sudah memiliki gambaran tentang masa depan nanti, tetapi ternyata masih ada juga yang masih terdiam memikirkan apa yang ingin dilakukan ketika dewasa kelak. Bahkan ada orang yang takut bermimpi. Menurut hasil sebuah penelitian, bahkan terdapat 87% anak SMA yang belum memiliki cita-cita atau arah hidup yang jelas. Jika terus dibiarkan, persentase angka tersebut akan terus bertambah sehingga berdampak pada maraknya pengangguran. Pengangguran sendiri bisa terjadi karena pemuda-pemuda tidak memiliki impian atau cita-cita yang jelas. Dengan begitu, mereka tidak memiliki persiapan maupun upaya apa pun untuk bisa mewujudkan apa yang dicita-citakan.

Sumber: Dokumen Litera Mediatama

Itulah mengapa penting memiliki impian atau cita-cita sejak dini. Ini juga tergambar dalam pribadi Roberto Gustinov yang diceritakan melalui buku BNET, Better Internet Better Life yang ditulis oleh Safa Dalmima (2022). Dalam buku tersebut, diceritakan bahwa Roberto sejak SMP memiliki impian ingin menciptakan internet service provider (ISP) sendiri sehingga bisa membantu masyarakat dalam bidang internet. Berkat impian sejak dini itu, Roberto kini sukses dengan ISP miliknya.

Sebenarnya, kisah Roberto Gustinov, Merry Riana, dan Nadiem Makarim adalah sebagian kecil dari contoh orang yang berhasil serta sukses dalam meraih impian mereka. Bisa dikatakan, mereka yang telah sukses mewujudkan impiannya bisa dijadikan role model bagi anak-anak muda saat ini. Sudah seharusnya anak-anak yang mulai menginjak usia dewasa bisa menata diri dan memikirkan kehidupan masa depan yang lebih baik. Tentu, untuk meraihnya tidak bisa asal-asalan. Perlu adanya niat dan upaya yang bisa dipersiapkan.

 

Kunci Meraih Kesuksesan

Berbicara tentang impian, pasti hal yang ingin dicapai dari sebuah impian itu sendiri adalah kesuksesan. Untuk bisa meraih kesuksesan tersebut, perlu upaya-upaya yang dilakukan. Menurut esqtraining.com, ada tiga kunci perjuangan yang bisa digunakan untuk meraih kesuksesan. Ketiga kunci tersebut adalah ketakutan, strategi, dan melewati batas diri.

Dalam proses menuju sukses, tentu akan banyak tantangan yang dihadapi. Namun, tantangan ada bukan untuk dihindari, tetapi untuk ditaklukkan. Orang yang sukses tidak akan lari dari ketakutan. Mereka akan menganggap ketakutan sebagai sebuah challenge bagi dirinya untuk meningkatkan kualitas diri.

Sumber: koinworks.com

 

Dengan adanya keberanian, pasti ada kemauan dan niat untuk mempersiapkan diri membentuk strategi meraih kesuksesan. Strategi ini juga bisa menjadi kunci seberapa besar kemungkinan keberhasilan suatu usaha. Keberhasilan juga tak lepas dari seberapa kuat kita mendorong diri untuk melakukan hal yang melebihi batas kemampuan diri.

Ketiga kunci di atas terrefleksikan pada diri seorang Roberto. Dalam BNET, Better Internet Better Life juga diceritakan bagaimana Roberto memulai merintis kariernya sejak masa remaja. Semangat dan kegigihannya dalam belajar menekuni bidang internet mampu mewujudkan pencapaiannya dalam membangun internet service provider (ISP), sesuai dengan impian yang didambanya. Upaya yang dilakukannya pun tidak sedikit.

“Keinginan belajar yang kuat adalah investasi untuk masa depan.” Begitulah bunyi salah satu kutipan motivasi dari Roberto. Dengan belajar dan memperbanyak ilmu terkait hal yang diimpikan, akan dapat meningkatkan kualitas diri sehingga berdampak pada masa depan. Roberto yang kala itu masih duduk di bangku SMA pun membagi waktu antara belajar mata pelajaran di sekolah dengan memperbanyak ilmu untuk hobi dan impiannya.

 

Dari sini, dapat ditarik kesimpulan bahwa sukses itu berawal dari mimpi dan untuk bisa mewujudkan mimpi tersebut diperlukan kegigihan serta usaha yang matang. Orang yang berhasil mewujudkan impiannya adalah orang yang menyelaraskan antara impian dan tindakan. Sementara orang yang gagal meraih impiannya adalah orang yang tidak memiliki persiapan matang. Jika impian tidak disertai tindakan atau usaha maka impian hanyalah angan belaka.

Untuk mewujudkan impian, kita juga harus siap menghadapi tantangan dan rintangan yang datang menguji ketangguhan kita. Tak dimungkiri jika selama perjalanannya, kita mungkin akan gagal. Takut mencoba kembali itu memang hal yang wajar dirasakan. Bahkan ada kutipan dari tokoh Hua Zhou dalam film animasi Mulan yang diproduksi oleh Walt Disney Pictures, tidak ada keberanian tanpa ada ketakutan. Alih-alih menyerah karena takut gagal lagi, kita harus mencoba untuk berani bangkit kembali.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.