Tahukah kamu, digitalisasi telah sukses mengguncang berbagai fondasi kehidupan manusia saat ini. Profesi-profesi baru pun bermunculan, begitu juga dalam dunia kepenulisan. Maraknya teknologi yang canggih membuat kita bisa memiliki komputer dan internet sehingga kemungkinan untuk menjadi seorang penulis yang mengikuti zaman bisa dengan mudah diwujudkan. Mengapa begitu?

Media Menulis yang Lebih Mudah

Cukup dengan mengetik gagasan di layar laptop dan kemudian mengklik tombol Posting saja kita sudah bisa dianggap sebagai penulis. Platform-platform yang tersedia, seperti blog, website, aplikasi buku digital, dan media sosial bisa menjadi medan bagi seorang penulis. Dulu, ruang untuk menulis sangat terbatas. Namun sekarang, cukup berbekal ponsel atau laptop yang bisa dibawa ke mana-mana, kita bisa lebih mudah untuk menyalurkan bakat menulis.

Jadi, tak heran jika saat ini semakin banyak penulis baru yang memulai kariernya. Apakah kamu juga salah satunya? Nah, jika kamu salah satunya, tulisan-tulisan yang kamu unggah di platform-platform baca online tersebut bisa menjadi pijakan dasar loh untuk perkembangan karyamu ke depannya. Siapa tahu saja ada penerbit yang melirik tulisanmu, kemudian ditawari untuk bekerja sama menerbitkan di penerbit yang bersangkutan.

Era Digital, Profesi Penulis Semakin di Depan

Sumber: review.bukalapak.com

Era Digital Bagi Industri Penerbitan

Sekarang mari kita bahas bagaimana digitalisasi jika dilihat dari kacamata penerbitan. Adanya digitalisasi tidak akan membuat penerbitan berhenti untuk melahirkan dan menerbitkan buku. Justru dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih ini akan menciptakan metode baru dalam melahirkan buku. Selain itu, penerbit juga bisa menjangkau target pasarnya lebih luas lagi dengan menerbitkan buku digital atau e-book.

Adanya e-book dapat memenuhi kenyamanan dan portabilitas bagi pembacanya. Akan tetapi, tetap ada fundamental yang tidak akan pernah dimiliki e-book, apalagi bagi pembaca yang menyukai buku. Bagi mereka yang suka hal-hal unik, seperti suka mencium aroma kertas buku yang baru, menandai bagian penting dengan stabilo, atau suka memajang buku di rak buku akan merasakan perbedaan yang cukup signifikan dengan hadirnya e-book.

Buku atau tulisan, apa pun bentuknya, merupakan benda dan hal yang sangat bermanfaat bagi pembacanya. Meski memang, kecepatan perubahan suatu era seringnya lebih cepat dari kecepatan kita untuk berubah mengikutinya. Dengan begitu, terkadang kita butuh waktu untuk bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan yang terjadi.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.