Setiap buku yang ditulis memiliki teknik menulis tersendiri. Begitupula dengan menulis buku ajar yang berbeda dengan menulis buku non-ajar. Banyak orang yang menganggap bahwa menulis buku ajar itu lebih sulit daripada menulis buku populer. Oleh karena itu, minat penulis yang menulis buku ajar tidak banyak.

Sumber: kompasiana.com

Buku ajar adalah buku yang digunakan sebagai salah satu jembatan untuk interaksi guru dengan muridnya. Buku ajar juga digunakan sebagai salah satu tolok ukur untuk kualitas suatu pendidikan. Jika kamu tertarik untuk menulis buku ajar, kamu perlu mengetahui langkah yang tepat agar kamu bisa menghasilkan buku yang berkualitas. Kamu bisa coba terapkan lima langkah berikut.

  1. Buat materi sesuai dengan kurikulum

Buku ajar yang disesuaikan dengan kurikulum dapat menyeragamkan standar mutu pendidikan. Kamu harus memperhatikan poin satu ini karena aturan ini adalah rambu-rambu agar buku yang kmau tulis tidak jauh melenceng dari pembahasan.

  1. Gunakan bahasa yang infromatif

Setelah menyusun materi sesuai dengan kurikulum, kamu bisa mulai mengeksekusi materi tersebut dalam tulisan. Buku ajar memang terkesan lebih baku daripada buku populer lainnya, tetapi hal ini bukan alasan untuk kamu menggunakan bahasa yang menarik juga informatif.

  1. Susun materi

Buku ajar disajikan dengan materi yang paling mudah hingga materi paling sulit. Selain materi, kamu juga perlu menyajikan latihan soal yang letaknya setelah materi. Keruntutan dalam menyajikan buku ajar ini harus kamu perhatikan.

  1. Tambahkan visual pendukung

Meski buku ajar adalah buku yang kaya akan informasi, tetapi tidak ada salahnya jika kamu menambahkan visual untuk mendukung materi yang kamu sampaikan. Visual di sini seperti gambar atau bagan yang mewakili materi. Dengan visual ini, murid tidak akan merasa bosan karena bacaan yang full of text.

  1. Grafika

Grafika buku ajar meliputi teknis pembuatan buku ajar, mulai dari pemilihan jenis kertas, jenis huruf, warna, hingga ilustrasi yang digunakan dalam buku ajar. Selain itu, kamu juga perlu memilih sampul yang sesuai dengan isi bukumu.

Nah, itulah lima poin yang harus kamu lakukan untuk membuat buku ajarmu lebih baik dan menarik. Pastikan juga untuk membaca beberapa referensi yang bisa mendukung materi buku ajarmu.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.