Sumber: pinterest/wunderkindo.com

Haloooo!

Tahukah kamu, ada apa di tanggal 2 April besok? Bagi kamu yang belum tahu, tiap tanggal 2 April digunakan untuk memperingati Hari Buku Anak Sedunia. Berbicara tentang buku anak, apakah kamu tertarik menjadi penulis buku anak? Bolehlah dicoba. Namun, sebelumnya kamu perlu banyak membaca referensi buku anak karena dengan referensi, kamu akan lebih mudah mengeluarkan ide dan menentukan alur cerita yang pas serta menarik.

Nah, kali ini akan dibahas buku-buku bacaan tentang anak untuk membantumu mendapatkan ide cerita. Yuk, simak!

 

Tristan The Traveller: Negeri Kincir Angin

Sumber: catatanemak.com

Buku ini bercerita tentang perjalanan sang tokoh utama, yaitu Tristan ke negara Belanda. Penulisan huruf di dalamnya dibuat lebih besar sehingga memudahkan anak ketika membacanya. Jika kamu ingin membuat sebuah buku untuk anak-anak di usia dini, kamu bisa menjadikan buku ini sebagai referensi utama.

Bella dan Balon Merah

Sumber: deviraissa.wordpress.com

Buku ini diciptakan oleh sepasang suami istri bernama Devi dan Guntur. Cerita di dalamnya mengenai seorang anak bernama Bella sedang mencari balonnya yang terbang. Buku dengan cerita sederhana mencari sebuah balon diciptakan untuk melatih anak dalam memecahkan sebuah masalah.

Sebatang Kara

Sumber: Dokumen Litera Mediatama

Setiap manusia yang tumbuh diikuti dengan emosi yang dimiliki, termasuk anak-anak. Pada usia memasuki 13 tahun, anak perlu belajar menghadapi kecemasan dan ketakutan yang dirasakan. Buku yang bercerita mengenai perjalanan batin anak ini bisa membantu orang tua dalam menangkap emosi anak.

Petualangan Rumi

Sumber: dewirieka.com

Jiwa petualangan seorang anak biasanya akan terlihat di usia 9—14 tahun. Di usia tersebut, buku Petualangan Rumi bisa dijadikan salah satu referensi bacaan. Buku ini menceritakan tentang perjalanan keluarga dalam menelusuri Pulau Jawa.

ABG Generasi Pandemi

Sumber: Penerbit Litera

Kali ini, ada buku yang ditulis oleh seorang siswa SMP bernama Kak Putu Mallika. Buku yang berlatar belakang kegundahan hati seorang anak melewati masa ABG ini dilengkapi oleh teori-teori dari ahli psikolog dan ada lembar khusus untuk menulis. Ketika membacanya, anak akan diajak belajar mengenali diri sendiri beserta lingkungan sekitarnya.

Bunga-Bunga Kertas untuk Ayah

Sumber: ruangmenulis.com

Tidak kalah membanggakan, buku yang ditulis oleh seorang anak berusia 11 tahun ini memberikan warna tersendiri. Buku yang berisi kumpulan cerpen dan bonus puisi ini merupakan bacaan yang yang ringan. Cerita di dalamnya diambil dari kehidupan sehari-hari yang anak-anak lakukan, mulai dari lingkungan keluarga, sekolah, hingga tempat tinggal.

 

Baiklah, itu tadi enam rekomendasi buku anak yang dapat kamu jadikan referensi untuk menciptakan sebuah cerita. Sekarang, giliran kamu menuliskan cerita yang kamu inginkan. Setelah itu, jangan lupa untuk bekerja sama dengan penerbit buku Malang atau penerbit buku lain untuk menerbitkannya.

Selamat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.