Banyak orang yang memiliki harapan dan impian untuk menjadi penulis, tetapi kemudian gagal di tengah jalan. Hal ini dikarenakan adanya kesalahan dalam menulis yang masih banyak dilakukan. Terkadang kesalahan sederhana juga bisa mengganggu proses menulis. Maka hal ini yang seharusnya Anda hindari dengan baik agar nantinya bisa sukses menjadi seorang penulis yang berhasil membuat karya yang dipublikasikan.

 

Banyak Melakukan Pengulangan Kata

 

Jika karya tulisan tidak dibaca ulang maka hal ini akan terus terjadi. Maka penting bagi Anda untuk melakukan proses edit untuk meminimalisasi terjadinya pengulangan kata ini. Hal ini akan berkaitan dengan keterbacaan karya tulisan Anda dan kenyamanan pembaca dalam memahami konten yang disampaikan dalam buku tersebut. Keefektifan kalimat yang dituliskan dalam buku tersebut menjadi perhatian pertama Anda saat menuliskan bahan pada buku tersebut.

 

Belum Menentukan Sasaran Pembaca

Sejak awal penulisan buku memang seharusnya sudah menentukan target pembacanya. Jika tidak maka tulisan dalam buku Anda tidak akan terarah, terutama dalam segi bahasa yang ditujukan untuk para pembaca. Tentu saja hal ini adalah kesalahan dalam menulis yang perlu diperhatikan dengan baik karena berkaitan dengan kualitas tulisan buku yang dibuat. Sehingga jika Anda menghindari kesalahan ini sebaik mungkin maka kualitas buku juga akan meningkat dan lebih dekat dengan pembaca sejak awal.

 

Penjelasan Tanpa Fakta

Jika Anda menulis buku nonfiksi memang baik jika ada banyak penjelasan yang diberikan di dalamnya. Namun jika Anda memberikan terlalu banyak penjelasan tanpa didukung dengan fakta maka informasi tersebut hanya akan menjadi sesuatu yang kosong. Akan sulit bagi pembaca untuk memahaminya tanpa ada contoh fakta yang riil, selain itu juga akan membosankan jika isi dari konten buku Anda hanya penjelasan yang bertele-tele.

 

Tidak Membuat Outline

Outline buku menjadi pedoman yang sangat penting untuk penulisan sebuah buku. Hal tersebut dikarenakan adanya outline berfungsi untuk menjaga Anda tetap berada pada fokus konsep yang telah ditentukan sebelumnya. Sehingga, nantinya hasil tulisan Anda kontennya tidak akan melebar kemana-mana, tetapi fokus pada informasi yang memang seharusnya diberikan kepada para pembaca.

 

Sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan dan menghindari beberapa kesalahan tersebut, baik untuk penulis pemula maupun yang sudah profesional. Sehingga Anda bisa memaksimalkan kualitas konten dalam buku agar bisa menarik perhatian para pembaca Anda. Maka jangan sampai Anda mengabaikan kesalahan dalam menulis tersebut dalam berbagai kondisi saat proses menulis sedang dilakukan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.