Sebagai pembaca buku, pernahkah kamu melihat kalimat “Based on True Story” atau “Inspired by True Story”? Kedua istilah tersebut menandakan bahwa kisah yang diceritakan bersumber pada kejadian nyata.  Meskipun sama-sama bersumber dari kisah nyata, tahukah kamu bahwa makna kedua kalimat tersebut berbeda? Nah, apa saja, sih, perbedaannya? Yuk, cari tahu lebih lanjut!

Sumber: unsplash.com

Based on True Story

Istilah ini memiliki arti “berdasarkan kisah nyata”. Ini bermakna bahwa keseluruhan isi buku itu menceritakan kejadian asli tanpa ada tambahan rekayasa penulisnya. Salah satu contoh buku yang didasarkan dari kejadian sebenarnya adalah Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Novel yang telah menyabet banyak penghargaan ini menceritakan tentang masa kecil Andrea Hirata di Belitong bersama kawan-kawannya. Contoh lainnya adalah The Naked Traveler yang ditulis oleh Trinity. Buku yang terdiri dari 8 seri ini akan membawa kamu megikuti perjalanan dan petualangan Trinity menjelajah berbagai pelosok Indonesia. 

Sumber: mediablitar.pikiran-rakyat.com

Buku yang didasarkan dari kisah nyata seperti ini biasanya inspiratif dan menceritakan perjalanan seseorang mencapai kesuksesan, seperti Negeri 5 Menara karya Anwar Fuadi dan 9 Summers 10 Autumn yang sama-sama mengisahkan perjalanan penulisnya berjuang menggapai mimpi.

 

Inspired by True Story

Nah, kalau yang satu ini ternyata maknanya beda dengan istilah “based on true story”, lho! Inspired by true story bermakna bahwa isi buku yang diceritakan memang terinspirasi dari kisah nyata, tetapi ada bumbu dramatis dan tokoh-tokoh yang diciptakan oleh si pengarang sendiri. Jadi, buku yang terinspirasi dari kisah nyata tidak bisa dikatakan mengambil kejadian nyata sepenuhnya. 

Contohnya adalah novel Tutur Dedes yang menceritakan riwayat Ken Dedes, ratu Kerajaan Singosari, semasa hidupnya. Bersumber dari kitab Pararaton dan prasasti-prasasti peninggalan kerajaan tersebut, buku ini juga menambahkan unsur-unsur magis. 

Lainnya, adalah buku The Boy in the Striped Pajamas yang mengisahkan kehidupan seorang anak yang berlatar di Jerman pada masa holokaus. Penulisnya terinspirasi dari kejadian-kejadian yang menimpa kaum Yahudi di Jerman, kemudian mengisahkannya sebagai sebuah fiksi dengan tokoh-tokoh tambahannya sendiri.

Sumber: kulturnativ.com

Buku yang terinspirasi dari kejadian nyata selanjutnya adalah novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Di buku ini, kamu akan dibawa kembali ke era 1990-an dengan ketegangan yang terasa nyata. Mengangkat kisah nyata aktivis yang hilang di tahun 1998, penulis buku ini juga menambahkan drama-drama yang membuat novel ini semakin terasa getir. Tentunya, kamu bisa mendapatkan buku-buku tersebut di penerbit buku langganan kamu. 

 

Nah, sekarang sudah paham, kan, perbedaan antara buku based on true story dengan buku inspired by true story

Singkatnya, buku based on true story menceritakan kisah nyata tersebut apa adanya dan seluruh kejadiannya benar-benar terjadi. Sementara itu, buku inspired by true story tidak sepenuhnya menceritakan kejadian aslinya, bisa hanya mengambil salah satu unsur saja dan dikembangkan sendiri oleh penulisnya. Kamu juga bisa, lho mengembangkan kisah nyata yang kamu ketahui menjadi sebuah buku. Kamu bisa mulai mengikuti berbagai e-course kepenulisan untuk membantumu menyusun naskahmu.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.