Sumber: hot.detik.com

 

Menjadi seorang penulis rupanya kini makin banyak diminati oleh orang-orang, bahkan para anak muda sekalipun. Buktinya, para novelis maupun penyair yang kini dielu-elukan oleh banyak orang kebanyakan adalah anak-anak generasi milenial. Lalu, siapa saja sih, para anak muda pendatang baru dalam dunia kepenulisan ini? Simak bahasan berikut.

 

Rintik Sedu

Sumber: rdk.fidkom.uinjkt.ac.id

Nama Rintik Sedu mulai melambung melalui karyanya berjudul Geez & Ann (2017) dan Kata (2018). Rintik Sedu sendiri adalah nama pena dari seorang gadis bernama Nadhifa Allya Tsana yang dilahirkan di Jakarta pada tahun 1998. Hingga kini, total terdapat 10 judul buku yang ia ciptakan, banyak di antaranya yang populer di kalangan remaja hingga dewasa muda, bahkan salah satu karyanya yang berjudul Geez & Ann telah diangkat ke layar lebar dengan judul sama dan tayang pada Februari 2021, lalu.

 

Dea Anugrah

Sumber: kumparan.com

Dea Anugrah, termasuk salah satu penulis muda Indonesia yang patut diperhitungkan, khususnya, terkait puisi dan prosa. Namun demikian, Dea Anugrah juga suka menulis cerpen dan esai. Kumpulan cerpennya berjudul Bakat Menggonggong (2016) terpilih sebagai salah satu buku Indonesia terbaik versi majalah Rolling Stone Indonesia. Beberapa karya Dea lainnya yang terkenal adalah Misa Arwah & Puisi-Puisi Lainnya (2015), Hidup Begitu Indah dan Hanya Itu yang Kita Punya (2019), dan Kertas Basah (2020).

  

Erisca Febriani

Sumber: hot.detik.com

Apakah kamu tahu Dear Nathan (2016)? Sosok Nathan yang begitu fenomenal ini diciptakan oleh seorang gadis muda bernama Erisca Febriani. Bermula dari kecintaan Erisca pada dunia literasi yang membuatnya mulai menulis di salah satu platform online bernama Wattpad. Karyanya ini pun berhasil dibaca oleh 7,5 juta lebih orang dan membuatnya dilirik oleh penerbit buku sehingga Dear Nathan hadir dalam buku yang tercetak pada tahun 2016 lalu. Tidak hanya berhenti di situ, kepopuleran karya ini pun membawanya hingga sampai ke layar lebar dengan judul yang sama.

 

Sabda Armandio Alif

Sumber: vice.com 

Sabda Armandio mulai dikenal di kalangan para pecinta buku sejak menerbitkan novel pertamanya yang berjudul Kamu: Cerita yang Tidak Perlu Dipercaya (2015). Buku tersebut merupakan naskah yang telah ditulisnya sejak berada di bangku SMA hingga kemudian ia unggah pada blognya dan mampu menjadi karya yang diterbitkan. Karya lain dari Sabda Armandio adalah 24 Jam Bersama Gaspar: Sebuah Cerita Detektif (2017), Dekat dan Nyaring (2019), serta Kisah-Kisah Suri Teladan (2019).

 

Pratiwi Juliani

Sumber: thejakartapost.com

Pratiwi Juliani, meluncurkan novel pertamanya berjudul Dear Jane (2019). Setahun sebelumnya, ia telah memperoleh penghargaan dalam program penulis pendatang baru di Ubud Writers and Readers Festival melalui kumpulan cerpennya yang berjudul Atraksi Lumba (2018). Karya terbarunya yang diterbitkan oleh salah satu penerbit buku pada tahun 2020 lalu berjudul Debu Dalam Angin. 

Itulah lima penulis pendatang baru Indonesia yang karyanya digandrungi oleh para anak muda saat ini. Tentu, selain mereka, masih ada banyak lagi penulis pendatang baru setiap tahunnya. Kamu pun bisa menjadi penulis pendatang baru dengan karya spektakuler juga, lo! Caranya, segera tulis karyamu dan serahkan ke penerbit favoritmu. Bila masih bingung bagaimana cara menulis, kamu bisa mencari berbagai pelatihan menulis di sekitarmu, seperti pelatihan menulis Book Writing Camp. Selamat menulis!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping