Setiap penulis tentu memiliki caranya masing-masing untuk mendapatkan inspirasi menulis agar karya tulisannya bisa segera diselesaikan dan dipublikasikan. Namun tidak jarang kondisi tertentu membuat Anda mengalami yang disebut sebagai writer block atau merasa buntu saat akan menulis sehingga membutuhkan cara yang tepat untuk bisa mendapatkan kembali inspirasi dalam menulis.

Meningkatkan Kreativitas dengan Tertawa

Anda bisa mencoba untuk tertawa bersama teman atau orang lain, bisa juga dengan menonton acara komedi favorit. Hal ini bisa dijadikan sebagai selingan Anda dalam menulis. Kegiatan tertawa ini akan memembuat stimulus di kedua sisi otak. Di bagian sistem limbik yang berkaitan dengan rasa gairah, emosi, dan kenangan akan aktif juga. Dengan begitu Anda juga bisa meningkatkan kreativitas selama nantinya menulis naskah untuk dipublikasikan pada akhirnya.

 

Pergilah Keluar dan Menemukan Sesuatu

Ada banyak peneliti yang berpendapat bahwa dengan melihat pemandangan yang berwarna hijau dan biru maka akan meningkatkan kreativitas Anda. Untuk itu, Anda bisa berjalan-jalan di tempat yang banyak pohon atau tumbuhan hijau apalagi jika cuacanya sedang cerah bisa melihat langit yang kebiruan. Anda bisa sekaligus membawa kamera untuk mengabadikan beberapa foto. Hal ini juga akan membangkitkan semangat Anda dan mendapatkan inspirasi menulis sebagai modal berkarya. Foto yang Anda ambil juga bisa menjadi memori untuk mengingatkan perasaan tenang pada saat itu sehingga proses menulis bisa dilanjutkan lagi.

 

Berolahraga dan Mencoba Hal Baru

Melakukan olahraga secara teratur dan tepat, tidak berlebihan bisa membantu Anda menghilangkan stres hingga depresi. Oleh karena itu, Anda akan bisa menangkap lebih banyak inspirasi menulis yang akan dituliskan nantinya. Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk melakukan hal baru. Misalnya saja memasak, mencoba makanan baru, dan lainnya. Melakukan hal ini juga akan membuat perasaan Anda menjadi lebih tenang sehingga berbagai kata dan kalimat yang dituliskan dalam naskah buku akan mengalir begitu saja.

 

Tidur dan Jeda Sebentar

Ketika Anda sudah terlalu lelah menulis maka bukannya semakin cepat justru menjadi semakin buntu saat menulis. Jadi Anda perlu untuk beristirahat sejenak sebelum kembali menulis. Dari proses ini ketika Anda sudah mulai rileks maka akan lebih mudah saat menulis. Mengambil jeda sebentar juga sangat penting karena membantu Anda memiliki waktu untuk beristirahat dan mendapatkan inspirasi lebih banyak lagi agar dapat menambah konten dalam karya tulisan Anda.

 

Cari Cara Nyaman Mendapatkan Inspirasi

Anda bisa mencari cara yang nyaman menurut Anda untuk mendapatkan inspirasi menulis. Ada orang yang mungkin akan terinspirasi jika berjalan-jalan, sedang di dalam kendaraan, atau bahkan harus merenung sendirian di kamar. Anda bisa melakukan hal yang memang menurut Anda nyaman dan dapat memberikan inspirasi lebih karena tentu setiap penulis akan memiliki ciri khasnya masing-masing.

Hal yang perlu Anda ingat ketika inspirasi mulai buntu untuk menulis maka jangan dulu menyerah. Mungkin Anda hanya perlu istirahat sebentar untuk melangkah lebih jauh. Tetap semangat berkarya dan mencari inspirasi menulis sesuai gaya Anda masing-masing.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.

WhatsApp chat