Seorang guru harus terus mengembangkan diri dan kemampuannya, ada berbagai manfaat menulis untuk guru yang bisa Anda dapatkan. Tidak hanya keuntungan secara materi, tetapi juga berbagai keuntungan lain bisa didapatkan. Maka Anda sebagai guru juga harus meluangkan waktu untuk bisa menghasilkan karya berupa buku. Baik yang digunakan untuk pembelajaran maupun tidak.

Meskipun ada berbagai manfaat, tetapi masih banyak guru yang merasa tidak memiliki waktu untuk menulis buku. Selain itu, kemampuan menulis yang masih belum optimal juga membuat kepercayaan diri untuk menulis semakin menurun. Padahal jika Anda mulai untuk membiasakan diri menulis dari hal yang kecil atau sederhana maka kemampuan tersebut juga akan berkembang dengan sendirinya. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menulis buku sebagai seorang guru.

Pengembangan Ilmu

Dengan menulis tentu saja akan mendorong Anda untuk bisa mengembangkan ilmu lebih banyak lagi. Apalagi jika Anda menulis sesuai dengan materi yang disenangi maka Anda akan mendapatkan ilmu yang lebih di bidang tersebut. Pengetahuan seorang guru akan jadi lebih luas dan terbuka pada berbagai hal yang mungkin sebelumnya tidak diketahui.

Membiasakan diri untuk menulis tidak akan jauh dengan kegiatan membaca. Anda akan mendapatkan semakin banyak informasi dan pengetahuan baru melalui kegiatan menulis ini. Maka menulis buku juga bisa dijadikan sebagai hobi yang menjanjikan baik secara kemampuan, pengetahuan, hingga materi pada akhirnya.

Mengembangkan Ide dan Gagasan

Bisa jadi seorang guru sebenarnya memiliki ide dan gagasan di luar bidang yang diajar. Sehingga salah satu manfaat menulis untuk guru adalah bisa digunakan sebagai media yang sangat bermanfaat dalam menuangkan gagasan tersebut. Tentunya hal ini berkaitan dengan fungsi intelektualitas dari buku. Menulis buku bisa menjadi kekayaan intelektualitas dari seorang guru dalam bentuk fisik. Sehingga guru akan memiliki karya yang bisa bermanfaat juga untuk orang lain sebagai investasi amal yang luar biasa.

Image yang Berbeda Sebagai Seorang Guru 

Personal branding melalui buku memang sudah dibuktikan bisa memberikan pengaruh yang cukup besar untuk profesi apa pun, tidak terkecuali untuk seorang guru. Jika Anda bisa menghasilkan buku maka sudah tentu personal branding Anda akan meningkat. Image Anda sebagai seorang guru dala pandangan orang lain juga akan berbeda. Maka dapat dikatakan dari sebuah hobi sangatlah besar untuk dimaksimalkan dengan baik.

Dengan adanya berbagai manfaat tersebut maka Anda bisa mengambil keuntungan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Tidak perlu khawatir atau merasa tidak memiliki waktu serta kemampuan untuk menulis karena menulis bukan soal bakat, tetapi kemauan. Jadi mulailah bergerak untuk menulis apa pun yang Anda sukai dan terus mengembangkan kemampuan tersebut, sehingga manfaat menulis untuk guru bisa didapatkan secara lebih optimal.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.