Pada awal bagian buku, kita sering menemui halaman kata pengantar atau prakata, bahkan bisa juga ada keduanya. Meski fungsi kata pengantar dan prakata sama-sama sebagai gerbang bagi pembaca sebelum menyelami isi buku, tetapi ternyata keduanya berbeda, loh. Masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa dua hal tersebut adalah hal yang berbeda.

Apa karena letaknya sama-sama di awal buku jadi dianggap sama? Sebenarnya, apa beda kata pengantar dengan prakata? Simak penjelasan ini baik-baik ya, biar gak salah lagi. Segera ambil bulpoin dan buku catatanmu!

Sumber: freepik.com

 

Kata Pengantar

Kata pengantar adalah sambutan yang dituliskan oleh orang lain mengenai sebuah buku. Biasanya kata pengantar ini ditulis oleh orang yang ahli dalam bidang yang diangkat dalam buku. Selain itu, bisa juga ditulis oleh seorang pemimpin, seperti redaktur penerbit buku. Menurut Tucker Max, kata pengantar atau jika dalam bahasa Inggris disebut foreword berfungsi untuk menaikkan kredibilitas penulis.

Dari segi isi, kata pengantar fokus membahas mengena isi buku yang dibahas oleh penulis. Namun, tentu apa yang ditulis dalam kata pengantar ini tidak terlalu detail. Selain itu, dalam kata pengantar juga berisi apresiasi dan ucapan terima kasih kepada penulis terhadap karya yang ditulisnya.

 

Prakata

Sementara itu, prakata adalah tulisan yang dibuat atau ditulis oleh penulis buku itu sendiri. Secara teknis, dalam prakata ini penuliis bisa menyampaikan penjelasan singkat mengapa penulis membuat atau enulis buku tersebut. Selain itu, penulis juga bisa menyampaikan untuk siapa buku tersebut ditujukan dana pa harapan dari penulis dengan lahirnya buku tersebut. Di sisi lain, prakata juga bisa menyelipkan ucapan terima kasih penulis kepada beberapa pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan buku tersebut. Namun, dalam penulisan ucapan terima kasih juga tidak perlu terlalu panjang. Bahkan dalam Penerbit Litera Mediatama banyak karya atau buku yang terdapat satu bagian khusus ucapan terima kasih.

 

Nah, dari penjelasan di atas agar lebih mudah membedakannya cukup dengan satu kalimat. Kata pengantar ditulis oleh orang lain, sedangkan prakata ditulis sendiri oleh penulis. Terlepas dari itu, kedua hal tersebut sama-sama berfungsi untuk mengantarkan pembaca sebelum membaca isi buku secara menyeluruh.

Sekarang sudah jelas perbedaan kata pengantar dan prakata, kan? Semoga dengan penjelasan dalam artikel ini bisa memberi pencerahan untukmu agar bisa membedakan sekaligus menjadi koreksi mengenai kata pengantar dan prakata.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.