Ketika bulan Ramadhan tiba, umat muslim di seluruh dunia wajib untuk melakukan ibadah puasa selama sebulan penuh. Indonesia sendiri mempunyai kebiasaan unik yang selalu dilakukan menjelang buka puasa atau ngabuburit.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu menunggu buka puasa atau ngabuburit. Kegiatan-kegiatan ini bisa kamu lakukan. Selain untuk mengurangi rasa lapar dan rasa dahaga, kamu juga bisa mendapatkan pahala serta bisa bermanfaat untuk dirimu sendiri dan orang di sekelilingmu. Berikut ini beberapa kegiatan positif yang bisa kamu lakukan saat ngabuburit. Simak yuk ulasannya!

  1. Nonton TV atau film

Ngabuburit bisa kamu lakukan dengan menonton TV atau film. Mungkin kamu terlalu malas untuk pergi jalan-jalan karena tahu pasti jalanan macet di mana-mana, kamu bisa melakukan kegiatan dengan menonton tv atau marathon film di rumah dengan menggunakan laptop atau tv kabel yang ada dirumahmu. Dan jangan lupa untuk memastikan acara TV atau film yang kamu tonton itu bermutu dan bermanfaat.

  1. Olahraga

Banyak orang berkata jika berolahraga disaaat berpuasa membuat lemas dan haus. Padahal berolahraga saat puasa itu punya banyak manfaat kalau kamu melakukannya dengan porsi tepat. Kamu cukup memperhitungankan waktumu berolahraga. Berolahragalah di waktu mendekati buka puasa. Olahraga yang kamu lakukan cukup yang ringan-ringan saja, seperti naik turun tangga, berlari kecil, atau melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga seperti ngepel, mencuci, nyapu dan yang lainnya, yang penting tubuhmu bisa bergerak dan berkeringat.

  1. Baca Buku atau Tadarus Al-Quran

Baca buku juga bisa menjadi cara yang paling ampuh untuk mengisi kegiatan sebelum berbuka puasa. Apalagi kalau kamu memang hobi banget baca. Baca buku-buku apapun yang kamu suka, seperti novel, buku motivasi, atau buku apapun. Selain buku, untuk mengoptimalkan ibadah kamu juga bisa pergunakan waktu ngabuburit buat lebih giat lagi membaca kitab suci al Qur”an. Kedua hal yang kamu lakukan ini, selain untuk mendapatkan pahala, kamu juga bisa mendapat ilmu pengetahuan dari apa yang kamu baca.

  1. Wisata Kuliner

Wisata kuliner saat ngabuburit menjadi hal yang sangat penting. Kamu bisa dateng ke pasar-pasar tumpah dadakan yang biasanya suka muncul saat menjelang buka puasa. Di tempat itu kamu bisa jalan-jalan sekalian membeli makanan dan cemilan untuk buka puasa nanti. Ditambah lagi, di pasar-pasar tumpah seperti ini kamu juga bisa nemuin cemilan-cemilan khas bulan Ramadhan yang tidak bisa kamu temui di pasar pada umumnya.

  1. Berkegiatan Sosial

Bulan Ramadhan memang saat yang tepat untuk lebih banyak berbuat kebaikan. Isi kegiatan ngabuburitmu dengan kegiatan-kegiatan sosial, seperti berbagi buka puasa dengan adik-adik di panti asuhan, bisa juga kamu berbagi takjil buka puasa dengan orang-orang yang membutuhkan atau kamu juga bisa membagikan beberapa makanan untuk anak-anak jalanan. Kalau kamu aktif di organisasi sekolah, kampus atau komunitas, jangan lupa untuk selalu mengadakan kegiatan positif seperti ini karena banyak mengandung manfaat dan kebaikan.

Isi waktu ngabuburit dengan hal positif. Buat berhemat uang jajanmu, untuk mencari hiburan dan untuk menambah pahalamu. Kamu juga bisa mengajak saudara atau teman-teman dalam kegiatan ngabuburit yang akan kamu lakukan.

Itulah tadi beberapa kegiatan yang bisa dilakukan agar puasamu semakin bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa. Selamat menunggu bedug. Semoga puasa kamu diterima ya.

Sumber: https://iyakan.com/ngabuburit-positif/2825

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.