Tak hanya dibedakan berdasarkan genre, ternyata buku juga bisa dibedakan berdasarkan jumlah serinya, loh. Ada bermacam-macam jumlah seri buku yang sudah memiliki istilah khususnya. Kamu sudah tahu istilah yang mana saja, nih? Biar makin lengkap pengetahuan tentang jumlah seri buku, simak penjelasan istilah-istilah buku berikut!

Stand-Alone

Apabila kamu pernah membaca buku yang tidak berseri atau tidak ada lanjutan ceritanya, itu berarti buku tersebut termasuk buku stand-alone. Isi buku jenis ini tuntas hanya dalam satu buku saja. Salah satu contoh buku stand-alone adalah Sang Pembius karya Farhan Ali.

Sumber: Dokumen Litera

 

Dwilogi

Suku kata “dwi” dari istilah ini mengartikan bahwa buku jenis ini berisi dua seri. Antara seri pertama dan seri selanjutnya saling berkesinambungan. Novel Ayu Utami dengan judul Saman dan Larung merupakan salah satu contoh dwilogi.

Sumber: abighifari.wordpress.com

 

Trilogi

Buku seri trilogi berisikan tiga buku dengan tema yang sama, tetapi dikembangkan pada setiap serinya. Salah satu contoh seri ini adalah karya Ahmad Fuadi yang berjudul Negeri 5 Menara, Ranah 3 Warna, dan Rantau Satu Muara yang tergabung dalam sebuah buku trilogi.

Sumber: mediablitar.pikiran-rakyat.com

 

Tetralogi

Siapa yang tidak tahu buku seri Laskar Pelangi? Buku ini terdiri dari empat buku yang biasa disebut dengan tetralogi, loh. Awalan “tetra” berarti “empat” dalam bahasa Yunani sehingga tetralogi memiliki makna gabungan karya yang berisi empat buku.

Sumber: suryaratri.me

 

Pentalogi

Buku yang memiliki lima seri bisa kita sebut dengan pentalogi. Tidak banyak buku dengan jenis ini, tetapi ada kok contohnya, seperti karya Rick Riordan yang berjudul The Trials of Apollo.

Sumber: amazin.in

 

Heksalogi

Pernahkah kamu membaca buku yang memiliki seri sampai enam? Atau kamu baru saja mengetahui kalau ternyata memang ada buku dengan seri sebanyak ini? Buku dengan seri sampai enam ini biasa disebut dengan heksalogi. Salah satu karya yang termasuk buku heksalogi adalah Supernova ciptaan Dee Lestari.

Sumber: kresnagaluh.medium.com

 

Heptalogi

Siapa yang tidak tahu dengan novel berseri Harry Potter karya J. K. Rowling? Pastinya sudah banyak yang tahu, dong. Novel karya J. K. Rowling ini termasuk heptalogi karena berisi tujuh seri novel.

Sumber: romzialkimi.com

 

Antologi

Antologi merupakan seri buku yang sering dijumpai. Buku ini berisi tulisan atau kumpulan karya dari beberapa orang. Keajaiban Cinta merupakan salah satu contoh buku antologi kisah inspiratif yang ditulis oleh para Alumni Akademi Trainer.

Sumber: Dokumen Litera

 

Nah, itulah beberapa istilah buku berdasarkan serinya. Sudah banyak penerbitan yang menerbitkan buku dengan beberapa jenis seri di atas, salah satunya adalah Penerbit Buku Malang. Tak hanya sebatas membeli, kamu yang punya hobi menulis juga bisa, loh, menerbitkan buku berserimu. Kalaupun kamu pemula, kamu bisa mulai mengasah kemampuan menulismu dengan mengikuti e-course kepenulisan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping