Sumber: katadata.co.id

Gelaran Academy Awards selalu sukses menyita atensi masyarakat dunia, khususnya para pecinta film. Ternyata, sebagian besar film yang berhasil membawa pulang piala Oscar awalnya berangkat dari buku, lho! Ada istilah yang dinamakan ekranisasi, yaitu pelayarputihan karya sastra tulis (novel, roman, dsb.) menjadi bentuk film. Dalam bahasa awam, ekranisasi lebih dikenal sebagai adaptasi.

Nah, seiring berkembangnya perfilman dunia, semakin banyak buku-buku sastra yang diadaptasi ke medium layar lebar. Beberapa di antaranya bahkan merajai ajang award film bergengsi. Berikut lima film adaptasi buku yang berhasil mengantongi piala Oscar.

 

Dune (2021)

                          

Sumber: Stylecaster.com                                 Sumber: Imdb.com

 

Film Dune merupakan adaptasi dari buku dengan judul yang sama karya Frank Herbert. Film fiksi ilmiah yang dibintangi oleh sederet aktor kenamaan ini berhasil memenangkan 6 piala dari 10 nominasi pada Academy Awards 2022. Novel Dune (1965) sendiri berkisah tentang konflik di Planet Arrakis yang melibatkan unsur politik, budaya, sosial, hingga agama. Konon, karya ini disebut para kritikus sebagai pelopor lahirnya fiksi bertemakan perang luar angkasa, jauh sebelum ada serial Star Wars atau Avengers.

 

Little Women (2019)

                               

Sumber: americanliterature.com                   Sumber: cinemags.co.id

Para pecinta karya klasik tentu telah mengenal buku Little Women (1868) karya Louisa May Alcott. Kisah keluarga March yang heartwarming ini telah tiga kali diadaptasi menjadi film (1933, 1994, 2019) dan satu kali dalam bentuk miniserial (2017). Versi Little Women 2019 yang disutradarai oleh Greta Gerwig berhasil masuk dalam 6 nominasi Oscar. Film ini pun mengantongi piala Best Costume Design berkat pesona busana para pemainnya yang merepresentasikan estetika Eropa klasik dengan elegan.

 

Les Misérables (2012)

                                         

Sumber: Amazon.com                         Sumber: Amazon.com

Les Misérables mulanya adalah novel fiksi sejarah yang ditulis oleh sastrawan Victor Hugo dan dipublikasikan pertama kali tahun 1862. Novel ini mengabadikan revolusi Prancis dibalut dengan kisah-kisah humanis yang epik, menjadikannya salah satu karya sastra Prancis paling fenomenal. Les Misérables juga diangkat menjadi film musikal pada tahun 2012 yang berhasil masuk dalam 8 kategori Oscar 2013, termasuk membawa pulang piala Best Pictures 2013.

 

Trilogi The Lord of The Rings (2001—2004)

                 

Sumber: Nytimes.com                                                Sumber: Themarysue.com

The Lord of The Rings adalah legenda film fantasi heroik yang berhasil menyabut total 17 Oscar untuk tiga film (tahun 2001—2004). Trilogi yang berkisah tentang Middle Earth ini pun menjadi franchise yang memenangkan piala Oscar terbanyak sepanjang masa. Untuk ceritanya sendiri, The Lord of The Rings diadaptasi dari novel klasik karya J.R.R. Tolkiens yang pertama kali terbit pada 1937. Novel ini pun tak kalah legendaris dalam sejarah kesusastraan Inggris, hingga oleh The Big Read didaulat sebagai Britain’s Best Novel of All Time tahun 2003. Wow! Luar biasa, ya!

 

Forrest Gump (1994)

                           

Sumber: wikipedia.org                                    Sumber: imdb.com

Forrest Gump merupakan novel karya Winston Groom yang diterbitkan pertama kali pada 1986. Berkisah tentang seorang pria bernama Forrest Gump yang memiliki IQ di bawah rata-rata, karya ini menyajikan nilai-nilai kehidupan tentang cinta, keluarga, hingga kondisi semasa Perang Vietnam. Pada 1994, Eric Roth memproduksi versi film dari Forrest Gump dengan pemain utama Tom Hanks. Film ini pun berhasil dinominasikan dalam 13 kategori Academy Awards dan membawa pulang 6 piala Oscar.

 

Nah, itulah lima film Oscar yang diadaptasi dari buku. Film mana saja nih yang sudah kamu tonton? Atau justru kamu jadi tertarik untuk mulai menulis buku karena ingin bukumu itu kelak diadaptasi menjadi film?

Tak ada salahnya memulai langkah untuk menulis buku, kemudian publikasikan bersama penerbit lokal, seperti penerbit buku Malang atau lainnya. Jika memang karyamu bagus, akan semakin banyak orang yang tertarik membacanya. Atau kalau kamu masih hilang arah untuk mulai menulis, bisa juga ikut kelas pelatihan menulis serupa Book Writing Camp yang siap mendampingi proses kreatifmu.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.