Salah satu masalah yang banyak dihadapi oleh para penulis terutama yang masih pemula adalah tentang konsisten menulis setiap hari. Hal ini memang perlu dibangun kebiasaan dengan baik agar nantinya bisa memberikan manfaat yang optimal dalam perkembangan kemampuan menulis Anda. Apalagi untuk menghasilkan karya tulisan yang berkualitas dan bermanfaat.

 

Namun sebelum itu, ada hal yang harus Anda kalahkan terlebih dahulu, yaitu rasa malas dan keraguan yang muncul dalam diri Anda sendiri. Jika Anda mampu mengalahkannya maka impian untuk menjadi penulis yang produktif akan terwujud dengan baik. Bahkan Anda bisa merasakan nantinya ketika akhirnya berhasil membuat tulisan yang baik dan menginspirasi.

 

Memikirkan Topik di Pagi Hari

Setelah bangun tidur, berikan waktu untuk diri Anda sejenak rileks dan tenang. Kemudian Anda bisa mulai memikirkan sesuatu yang menarik untuk dijadikan sebagai topik tulisan di hari itu. Tidak perlu sesuatu yang luar biasa atau rumit, tetapi Anda bisa mulai dengan hal-hal sederhana yang mungkin tiba-tiba terpikirkan di pagi hari. Ketika pikiran masih fresh akan memudahkan Anda untuk bisa menemukan topik yang tepat untuk menjadi bahan tulisan Anda.

 

Merefleksikan Pengalaman Diri

Untuk memberikan semangat bagi Anda dalam konsisten menulis setiap harinya maka bisa mencoba menggunakan refleksi dari pengalaman diri Anda menjadi bahan tulisan yang menarik. Sambil merefleksikan pengalaman diri selama hidup dan mencari sisi positif atau memberikan inspirasi dari hal tersebut tentunya akan menjadi sesi menulis yang menyenangkan. Selain Anda sekaligus mengenang masa lalu juga akan belajar lebih banyak hal dalam proses tersebut. Tentu ada banyak pengalaman yang bisa Anda ceritakan dan jadikan sebagai inspirasi menulis yang tepat.

 

Selalu Mencatat Ide yang Muncul

Setiap kali Anda mendapatkan ide dan topik menarik maka segera tulis ide tersebut. Anda bisa membaca buku catatan kecil ke mana-mana atau mencatatnya di smartphone. Jadi nantinya ketika Anda akan menulis tidak lupa dengan ide topik yang ingin dituliskan. Dalam catatan tersebut Anda juga bisa menambahkan beberapa detail penjelasan mengenai pengembangan topik yang diinginkan untuk ditulis.

 

Tingkat Semangat Setiap Harinya

Anda harus mampu memberikan motivasi untuk diri sendiri agar konsisten menulis setiap hari. Temukan alasan yang jelas dan pasti agar Anda bisa mendorong diri menulis setiap hari secara konsisten. Meskipun Anda perlu menulis setiap harinya, tetapi jangan sampai berlebihan waktunya karena pikiran yang terlalu jenuh justru akan membuat Anda lebih cepat merasa malas atau bosan saat menulis dan akhirnya tulisn tersebut tidak pernah bisa diselesaikan dengan baik.

 

Anda bisa menyesuaikan cara yang akan dilakukan untuk bisa menulis secara konsisten dan meningkatkan produktivitas dalam menghasilkan karya tulisan. Manfaat yang didapatkan tentunya akan sangat banyak jika Anda mampu untuk konsisten menulis dengan terus mengembangkan kemampuan menulis secara optimal dan menikmati setiap prosesnya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.