Ketika Anda membiasakan diri untuk menulis cerdas maka tulisan tersebut akan dapat mendatangkan keuntungan ketika dimanfaatkan dengan baik. Tulisan yang cerdas dalam hal ini bukan hanya dari segi isi kontennya, tetapi juga Anda bisa konsisten dan terus produktif dalam menulis. Jadi tulisan tersebut akhirnya bisa menjadi sebuah karya yang terus dikembangkan.

 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengubah tulisan yang dibuat menjadi sebuah keuntungan. Tentu saja hal ini akan menjadikan Anda juga semakin semangat untuk terus menulis dan menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Jadi jangan dulu menyerah di tengah jalan untuk setiap karya yang Anda hasilkan.

 

Menulis Blog

Ketika sebuah blog dikembangkan dengan baik maka akan mendatangkan keuntungan untuk Anda. Apalagi dengan adanya blog ini maka juga akan membiasakan Anda untuk lebih sering menulis secara konsisten di dalamnya. Tulisan yang baik dalam blog bisa dijadikan sebuah buku atau mendatangkan keuntungan dari blog itu sendiri sehingga Anda harus mencoba untuk konsisten dengan pilihan yang sudah diambil, termasuk menulis blog ini.

 

Menulis Untuk Media Massa

Ketika Anda menulis untuk media massa dan dipublikasikan biasanya akan ada uang saku yang didapatkan. Ini bisa menjadi penyemangat untuk Anda bisa menulis lebih rajin. Tidak hanya menulis, tetapi juga lebih giat membaca untuk memperluas apa yang Anda ketahui. Tentunya pengetahuan tersebut juga akan membantu untuk mengembangkan tulisan Anda menjadi lebih berkualitas dibandingkan sebelumnya.

 

Membuat Review Buku

Resensi sebuah buku yang dikirimkan pada media cetak bisa menjadi salah satu jalan menulis cerdas dan mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut. Hal ini akan sangat menyenangkan untuk Anda apalagi yang senang membaca tentu akan sangat menikmati kegiatan ini. Jadi Anda bisa coba untuk membuat review untuk buku yang sedang dibaca atau disukai untuk kemudian memberikan manfaat informasi kepada para pembaca nantinya.

 

Menerbitkan Buku Sendiri (Self Publishing)

Saat ini sudah banyak penerbit yang bisa membantu Anda membuat buku sendiri. Penerbit indie adalah jawaban untuk kondisi ini. Dengan memanfaatkan jasa dari penerbit indie maka Anda akan lebih cepat memiliki buku yang berkualitas dan bahkan bisa melakukan langkah promosi secara lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan. Meskipun memang harus siap dana penerbitan sendiri, tetapi ada banyak keuntungan serta fasilitas yang bisa Anda dapatkan dari penerbit indie ini. Bahkan Anda akan dibimbing untuk bisa mengembangkan naskah lebih baik lagi, tetapi tetap sesuai dengan keinginan Anda masing-masing.

 

Dengan melakukan beberapa hal tersebut maka Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan dari menulis ini. Bukan mengenai besar atau kecil jumlah keuntungannya, tetapi selain materi Anda juga akan mendapatkan keuntungan lainnya termasuk pengalaman dan kebanggaan dengan karya yang terpublikasi mampu memberikan manfaat untuk orang lain. Jadi lanjutkan untuk menulis cerdas secara konsisten dan mendapatkan keuntungan dari sana.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.