Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Menjadi penulis bukan hanya untuk anda yang gemar menulis saja. Namun, sebenarnya setiap orang mempunyai kemampuan untuk menulis dan bisa ditingkatkan untuk membuat tulisan yang berkualitas. Bagaimana caranya” Yuk lakukan langkah berikut ini:

Mengikuti pelatihan atau seminar kepenulisan

Mengikuti pelatihan atau seminar kepenulisan bisa memicu motivasi dalam menulis. Jadi Anda bisa mengikutinya dan siap-siap memicu motivasi Anda untuk menulis.

Mengikuti komunitas kepenulisan

Ada tiga komunitas kepenulisan yang bisa anda ikuti. Yaitu,”Komunitas Penulis Kreatif (KPK), Forum Aktif Menulis (FAM), dan Rumpun Nektar. Dengan bergabung di komunitas kepenulisan, anda bisa menambah teman, ilmu, dan yang paling penting, bisa menjaga semangat dan motivasi Anda dalam menulis.

Jangan menunda lagi, segera mulai menulis

Menurut salah seorang penulis terkenal, pekerjaan menulis atau menuangkan ide sejatinya adalah membuat retakan-retakan kecil dalam “bendungan” di otak. Bagi para penulis pemula, proses ini menjadi tidak mudah karena sulitnya menuangkan ide dalam sebuah tulisan. Sebagai sarana berlatih, anda bisa menulis buku harian atau blog secara rutin. Tulislah apa pun yang terlintas untuk menuangkan ide dalam pikiran.

Evaluasi

Dari tulisan yang sudah anda buat, baca kembali tulisan anda. Berikan tulisan itu pada teman mintalah komentar dan saran dari teman. Atau, perhatikan komentar yang diposting orang terhadap tulisan anda di blog. Setiap ada kritik yang membangun maka kritik itu memperbaiki tulisan-tulisan selanjutnya.

Go public

Tawarkan naskah yang telah anda buat ke penerbit atau kirim artikel ke media massa. Pelajarilah media mana saja yang menerima tulisan dari pembacanya. Kenali jenis rubriknya, apakah itu cocok dengan tulisan Anda. Atau di penerbit, Anda juga harus mengenali buku apa saja yang bisa diterbitkan di penerbit yang bersangkutan. Jangan sampai salah sasaran.

Dengan di terimanya tulisan anda di penerbit atau media massa, maka tulisan anda bisa dikatakan sebagai tulisan yang berkualitas. Lakukankah dengan niat dan usaha yang sungguh-sungguh, maka akan membuahkan hasil yang baik. Tulisan anda pasti memberi manfaat kepada jutaan kepala yang membacanya. Jadi mudah sekali untuk menulis bukan” Ayo mulailah dari sekarang!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.