Kalian ada yang suka menulis” Sering kena buntu ide nggak” Penulis juga sering banget nih buntu ide, misalnya kalau lagi nulis cerpen kadang gak tau endingnya mau kayak gimana, atau malah waktu nulis essay buat ikut lomba suka bingung menuangkannya ke tulisan. Wah, kalau kalian juga pernah menghadapi hal-hal tersebut, yuk kita intip tips-tips berguna buat menghalau kebuntuan ide menulis atau bahasa kerennya nih “writer’s block”.

  1. Istirahat sebentar

Menulis itu harusnya tanpa paksaan. Mendingan kalau kamu lagi buntu ide, tinggalin aja dulu sebentar karya tulis kamu yang belom selesai itu dan take a break. Lakukan aja hal-hal yang asyik selain nulis, istirahatin otak dulu lah sebentar.

  1. Ganti suasana

Mungkin, menulis di rumah bikin kamu bosen, atau kamu bosen nulis di tempat yang sama setiap hari. Kebosanan itu yang bikin buntu ide loh, guys. Coba deh bawa laptop atau notes kamu ke tempat-tempat baru atau mungkin tempat yang menurutmu asyik tapi akhir-akhir ini jarang kamu kunjungin, untuk cari inspirasi menulis.

  1. Pikirin para calon pembaca

Untuk poin yang satu ini ngena juga. Kalau kamu nulis dan buntu ide, coba pikirin, kira-kira tulisan ini mau kamu tujuin ke siapa ya” Apa ya yang bisa lebih digali untuk memuaskan haus pengetahuan para pembaca” Pastiin kamu juga puas dengan tulisan kamu, walau belum selesai. Ngebayangin orang yang terhibur baca tulisan kamu kan sebuah kesenangan tersendiri”

  1. Tulis cerita yang lain

Kalau belum juga terinspirasi, coba deh kamu berpaling dari tulisan yang bikin kamu buntu ide itu dan mulai tulisan yang baru, dari awal lagi. Siapa tau, tulisan baru ini akan lebih menarik dan akan lebih gampang untuk diekspresikan sama kamu. Ide yang segar dan langsung dituangkan juga bikin kamu makin berkarya dengan produktif. Jangan takut untuk memulai dari awal.

  1. Baca bacaan random

Coba kamu baca buku atau tulisan yang nggak biasa kamu baca atau genre tulisannya sama sekali berbeda dengan yang kamu suka baca. Misal kamu suka bacanya cerita cinta, nah sekarang coba kamu mulai baca cerita thriller atau cerita yang based on history. Dengan gitu, kamu akan dapat ide baru untuk tulisan kamu habis ngelihat jenis-jenis tulisan lain yang belom pernah kamu baca sebelumnya.

http://plotpointkreatif.blogspot.com/2013/06/8-cara-menghilangkan-buntu-ide-saat.html

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.