Pernah dengar kata Gawai” Warganet” Pranala” Kata-kata tersebut adalah kata-kata baru di Bahasa Indonesia, yang muncul bersamaan dengan era teknologi saat ini. Kata-kata tersebut digunakan untuk menggantikan kebiasaan kita menggunakan Bahasa Inggris.

Ternyata masih ada beberapa kata yang terlalu baru dan unik bermunculan dalam KBBI. Berikut penulis paparkan beberapa kata baru yang masih begitu jarang digunakan.

-“Gawai

Gawai adalah kata yang digunakan untuk menggantikan kata”Gadget. Kata”Gadget, atau sering dieja gejed, sudah terlalu terbiasa diucapkan oleh masyarakat Indonesia. Saat ini, media cetak dan daring nasional sudah mulai menggunakan kata Gawai untuk menggantikan”Gadget.

-“Warganet

Warganet muncul untuk menggantikan kata”Netizen. Sebelumnya, kata”Netizen“juga muncul sebagai plesetan dari kata”Citizen”di internet. Jadi, siap-siap mendirikan RW (Rukun Warganet) di grup”Facebook“Anda.

-“Pranala

Kata Pranala muncul untuk menggantikan kata”Hyperlink“atau”Link,“yang sudah terbiasa disebut dalam bahasa IT.

-“Daring dan Luring

Daring muncul untuk menggantikan”online. Daring juga akronim dari dalam jaringan. Sedangkan Luring adalah akronim dari luar jaringan muncul untuk menggantikan kata”offline.

-“Narahubung

Kata ini digunakan untuk menggantikan frasa”contact person.

https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/adhyra-pratama-irianto/kata-baru-yang-unik-dalam-bahasa-indonesia-sudah-pernah-dengar-c1c2/full

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.