Untuk bisa menghasilkan sebuah buku, seorang penulis harus melewati beberapa tahapan hingga bukunya terbit dan cetak. Salah satu langkah selama proses tersebut adalah bertemu dengan orang-orang yang bekerja di penerbit buku, seperti penyunting naskah, layouter buku, desainer sampul, hingga digital marketing yang akan mempromosikan bukumu.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang seorang layouter buku. Asal kamu tahu, peran seorang layouter sangat berpengaruh untuk bisa menciptakan tampilan buku yang menarik. Lebih lanjutnya, mari kita simak uraian di bawah ini, yuk!

Sumber: shiennyms.wordpress.com

Merupakan Seorang Designer

Dunia designer memang luas dan beragam jenisnya. Ada designer baju, produk, grafis, ilustrator, arsiter, hingga layouter. Nah, layouter adalah salah satu bidang profesi designer. Layouter pun ada bermacam-macam juga, ada layouter buku, majalah, koran, dan sebagainya. Dalam bidang buku, layouter bertugas  mengedit dan menata letak semua komponen tulisan yang akan disatukan menjadi buku. seorang layouter perlu memahami dan mengerti akan konsep dari desain buku yang akan dibuatnya. Tentu, selama pengerjaan, layouter juga harus mempertimbangkan desain-desain yang menarik, terutama tingkat presisinya.

 

Mampu Memahami Segmen Pembaca

Tidak hanya penulis atau editor yang perlu memahami segmentasi pembaca buku, tetapi seorang layouter juga. Tujuan layouter perlu memahami segmen pembaca adalah agar bisa mengetahui selera dan keingin pembaca terkait buku-buku yang laris di pasaran. Maka dari itu, layouter bisa menentukan tata letak komponen isi buku sesuai targetnya. Dengan memahami segmen, layouter juga merasa terbantu untuk menemukan ide-ide dalam menata tampilan buku.

 

Memahami Keindahan dan Seni

Memang benar jika seni itu tidak ada tolok ukurnya, tetapi sebagai orang yang terjun di dunia desain, seorang layouter harus bisa paham akan seni. Setidaknya, bisa memilih dan memadupadankan warna atau ornamen untuk isi buku. Saat ini, sudah banyak penerbit buku, termasuk penerbit buku Malang yang menerbitkan bukunya dalam berwarna. Nah, di situlah layouter berperan. Layouter mampu mengelaborasikan garis, oranamen, tipografi yang pas, dan pemilihan warna yang tepat agar tercipta hasil yang menarik.

Sumber: sribu.com

Hasil Karyanya adalah Alat Komunikasi

Seperti penulis yang memiliki buku sebagai jembatan untuk bertemu pembaca, hal ini juga terjadi kepada layouter. Hasil karya seorang layouter buku bisa kita nikmati dalam bentuk buku yang kita baca.

Kita bisa menikmati dan secara tidak sadar mampu menerjemahkan emosi dari layouter buku tersebut hanya dengan melihat desain tata letak bukunya.

 

Yap, itulah empat hal gambaran umum terkait layouter buku yang perlu kamu ketahui, terlebih sebagai penulis atau calon penulis. Dari sini, kita bisa tahu seberapa penting peran dan tugas seorang layouter dalam dunia desain, terlebih perbukuan masa kini.

Jadi, jika ingin memiliki buku dengan konsep dan tata letak yang dinamis juga tidak membosankan, kamu perlu berkomunikasi dengan layouter. Saat ini tidak hanya penerbit buku yang terdapat layouter, ada pula layouter buku yang sistemnya freelance dan tidak terikat dengan perusahaan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping