Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan pekerjaan yang satu ini. Ya, salah satu pekerjaan menulis ini kini semakin menjamur di industri kreatif. Copywriter merupakan sebutan untuk mereka yang pekerjaannya menulis konten kreatif. Tujuan mereka menulis tersebut adalah untuk mempromosikan atau menginformasikan sesuatu. Dengan kata lain, copywriter adalah penulis khusus bidang periklanan. Di tangan merekalah tagline dan kalimat-kalimat dalam iklan tercipta.

Bekerja sebagai copywriter membutuhkan keterampilan dan kemampuan khusus karena pekerjaan ini berhubungan dengan surat kabar, media online, TV, atau radio. Bahkan menjadi copywriter untuk setiap media berbeda-beda cara menanganinya. Begitupun dengan karakteristik atau teknik penulisannya juga berbeda-beda. Penulisan konten iklan untuk media online berbeda dengan penulisan untuk konten iklan di TV. Biasanya, penulisan konten iklan di media online terbatas oleh karakter sehingga konten harus dibuat singkat, tetapi masih tetap sesuai.

Dalam dunia penerbitan buku, copywriter ini memiliki hubungan erat dengan editor. Seorang editor naskah pasti juga tidak lepas dalam urusan menguatkan daya pikat buku yang berhubungan dengan marketing. Terkadang, editor juga bisa menjadi seorang copywriter yang bertugas menyiapkan teks-teks berbau iklan terkait buku. Mengapa editor perlu melakukan itu? Hal ini karena editorlah yang mengenal dan memahami secara utuh isi buku yang akan dipromosikan. Dengan demikian, akan lebih mudah dan cepat selesai jika editor yang menyiapkannya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.