Salah satu genre buku yang banyak diminati dan viral di masyarakat adalah buku fiksi. Dari tulisan yang memiliki target pasar sangat luas ini membuat orang berlomba-lomba untuk menjadi penulis buku fiksi. Selain itu, genre ini juga erat kaitannya dengan kategorisasi yang tidak ada batasnya. Ragamnya tema juga membuat tulisan genre ini disukai oleh pembaca.

Biasanya, penulis melakukan sebuah riset atau eksperimen guna mengetahui tren yang ada di masyarakat, hingga akhirnya penulis mampu mengetahui dan menghasilkan karya fiksi yang benar-benar bisa diapresiasi oleh pembaca. Penulis juga bisa melakukan riset tentang setting tempat yang belum pernah dikunjunginya. Dengan begitu, riset tersebut dapat menunjang kelancaran proses penulisan naskah, jika tulisannya mengusung tema dan tempat yang memang belum pernah dikunjunginya.

Seorang penulis fiksi harus memiliki daya imajinasi yang tinggi untuk bisa menghasilkan karya fiksi yang menarik. Akan tetapi, sebagian orang beranggapan kalau menulis fiksi itu mudah karena bermodal imajinasi saja. Ternyata ada saat-saat di mana imajinasi terasa mentok, atau dalam istilah kepenulisan disebut writer’s block. Inilah alasan mengapa penulis fiksi juga memerlukan wawasan yang luas agar dapat membantu di saat imajinasi sedang tidak bekerja.

Dalam menghasilkan tulisan fiksi, penulis tak hanya membuat cerita fantasi atau fiksi yang jauh dari realita sehari-hari. Akan tetapi, penulis juga perlu menyisipkan jalinan cerita dengan menggunakan logika yang runtut. Dengan begitu, cerita yang dihasilkan juga lebih menarik karena setiap apa yang terjadi pada suatu hal pasti ada sebab-akibatnya. Adanya cerita fiksi pun juga pasti ada sebab mengapa itu terjadi.

Ada beberapa macam penulis buku fiksi, antara lain adalah penulis novel, cerpen, puisi, ataupun drama. Seorang penulis novel dan drama biasanya disebut dengan pengarang (author), cerpen disebut cerpenis, dan puisi disebut penyair.

Dalam tulisan fiksi di atas juga memiliki genre atau tema yang diusung. Penulis buku fiksi harus menguasai apa saja jenis tema atau genre yang ada dalam dunia tulisan fiksi. Berikut ini ada beberapa jenis genre yang terpopuler di masyarakat.

  1. Romantis
  2. Fantasi
  3. Fiksi ilmiah
  4. Misteri
  5. Horor

Jadi, adakah niat untuk menjadi penulis buku fiksi? Jika iya, jenis dan genre apa yang ingin Anda tulis?

Akan lebih baik jika Anda memilih jenis dan tema yang akan Anda tulis terlebih dahulu agar proses menulis berjalan lancar. Akan menarik pula jika Anda ingin mengusung tema baru yang jarang ada dalam buku fiksi lainnya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.