Menulis mampu memberikan berbagai manfaat untuk Anda dalam berbagai aspek, salah satunya adalah manfaat menulis untuk kesehatan mental. Di era yang serba digital seperti sekarang ini banyak orang yang sudah kecanduan sosial media terutama bagi para remaja. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang memberikan dampak negatif terutama untuk perkembangan mental.

 

Banyaknya terjadi cyber bullying belakangan ini juga memberikan tekanan tersendiri untuk menghadapi era sosial media seperti sekarang. Hingga akhirnya banyak masalah yang bisa berpengaruh buruk terhadap perkembangan mental seseorang terutama para remaja. Sehingga perlu adanya media yang tepat digunakan untuk meminimalisasi dan mengatasi masalah mental yang muncul karena kondisi perkembangan dunia digital, yaitu menulis.

Membuka Diri Lebih Jauh

 Kegiatan menulis dapat membantu Anda untuk mengeksplorasi perasaan yang mungkin sebelumnya belum dirasakan. Anda akan terbawa untuk mengenali pikiran dan perasaan lebih jauh lagi. Sehingga hal-hal yang terpendam dalam diri Anda bisa dikeluarkan melalui tulisan. Tentunya setelah melakukan proses ini maka Anda akan merasa lebih lega karena beban yang sebelumnya terpendam akhirnya bisa dikeluarkan serta memberikan ketenangan lebih pada diri Anda.

Apalagi untuk Anda yang mungkin tidak mudah menyampaikan perasaan dan pikiran kepada orang lain maka tulisan adalah solusinya. Dari tulisan tersebut Anda bisa menuliskan apa pun tanpa merasa takut atau khawatir akan adanya penolakan. Sehingga memang manfaat menulis untuk kesehatan mental sangat efektif untuk dimanfaatkan dengan baik.

Menjadi Wadah Untuk Menyampaikan Emosi

 Saat ini dengan adanya berbagai tuntutan di lingkungan sekitar membuat banyak orang menjadi lebih mudah merasa emosi. Emosi negatif tersebut jika ditahan maka akan mengganggu pikiran dan tentunya berdampak terhadap kesehatan mental dalam jangka panjang. Namun jika emosi dikeluarkan bukan pada tempat dan cara yang tepat tentunya akan memberikan dampak negatif untuk lingkungan sekitar Anda.

 

Maka Anda membutuhkan ruang yang tepat untuk bisa menyampaikan perasaan emosi agar tidak sampai menimbulkan masalah atau dampak yang buruk kemudian. Menulis secara rahasia akan memberikan kelegaan untuk diri Anda sendiri, tidak perlu menulis di sosial media jika dirasa hal tersebut tidak perlu atau bahkan tidak pantas untuk dipublikasikan. Maka jangan abaikan filter diri untuk membacanya lagi sebelum mempublikasikannya.

Mempertajam Imajinasi

 Saat sedang menulis maka daya imajinasi dan kreativitas Anda akan meningkat. Seiring dengan berjalannya waktu kemampuan tersebut akan semakin terasah. Sehingga bukan hanya memaksimalkan manfaat menulis untuk kesehatan mental, tetapi Anda juga bisa menghasilkan karya tulisan yang berkualitas dan bahkan menghasilkan keuntungan nantinya.

Kreativitas dan imajinasi yang semakin berkembang juga akan membuat Anda lupa dengan berbagai masalah yang sedang dihadapi. Sehingga secara kesehatan mental juga akan lebih terjaga dengan baik meskipun Anda terpapar berbagai toxic dari sosial media. Jadi jangan abaikan manfaat dari menulis yang sangat besar untuk kesehatan mental Anda.

Temukan waktu yang pas untuk Anda menulis dan menjadikannya sebagai media untuk meminimalisasi masalah kesehatan mental. Dengan cara yang tepat Anda bisa menghindari masalah kesehatan mental yang banyak berkembang saat ini. Sehingga adanya manfaat menulis untuk kesehatan mental harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.