Sumber: Arsip Pribadi

 

Perjalanan kehidupan kita tak lepas dari perubahan, pertumbuhan, maupun perbedaan. Perubahan ini ada dalam setiap sendi kehidupan, bahkan dalam sebuah usaha sekalipun. Namun, bagaimana perubahan itu semua terjadi adalah atas pilihan atau keputusan yang kita ciptakan sendiri. Perubahan yang dilakukan haruslah mengarah pada kemajuan, mengarah pada kebaikan dari usaha kita, apalagi bila kita adalah seorang pimpinan dari usaha tersebut. Oleh karena itu, kita harus berani menciptakan berbagai perubahan, berbagai keputusan, bahkan keputusan berbeda sekalipun agar mampu membawa kemajuan pada usaha kita.

 

Berawal Dari Dalam Diri

Berani menciptakan keputusan berbeda berawal dari dalam diri kita. Berawal dari adanya tiga hal utama yakni karakter yang kuat, pola pikir yang konsisten, dan mental yang kuat. Hal utama yang pertama adalah karakter kuat, ditandai dengan dapat dipercaya, berintegritas tinggi, dan menepati janji. Karakter kuat juga bukanlah hal yang dimiliki oleh seorang manusia sejak dirinya lahir karena merupakan sebuah pilihan. Kita tidak ditakdirkan ramah kepada orang lain sejak lahir tapi kita bisa memilih untuk menjadi ramah. Karakter juga melebihi bicara, kita bisa mengatakan kepada orang-orang bahwa kita baik hati dan selalu menepati janji. Namun, bila tindakan kita nyatanya selalu mengingkari janji tentu orang-orang tidak akan percaya bahwa kita adalah orang yang baik.

Hal utama yang kedua adalah pola pikir konsisten yang ditandai dengan percaya diri tinggi, kreatif, imajinasi kuat, berani mempertahankan yang benar dan baik, tidak mudah berkompromi, serta memiliki motivasi tinggi. Pola pikir ini adalah hal yang akan mampu membentuk karakter kita. Dengan demikian, bila menginginkan karakter yang kuat tentu kita harus mampu memiliki pola pikir yang konsisten. Tanpa pola pikir yang konsisten, seperti berani mempertahankan yang benar dan baik, bagaimana bisa kita dapat dipercaya oleh orang lain? Tanpa memiliki pola pikir yang kuat bahwa janji bukanlah hal yang sepele dan harus selalu ditepati, bagaimana kita bisa selalu menepati janji?

Hal utama yang ketiga adalah mental kuat yang ditandai dengan bersikap proaktif, berinisiatif, berespons positif, tidak mudah menyerah, dan berempati kuat. Berespons positif dan tidak mudah menyerah bisa ketika menghadapi rekan yang tidak setuju dengan hal berbeda yang kita ciptakan. Bisa berupa proaktif dan inisiatif ketika dihadapkan pada masalah yang sedang menimpa. Bisa juga berupa mental kuat untuk selalu berempati dengan lingkungan sekitar kita. Misalnya ketika kita tidak lolos seleksi CPNS, tetapi kita tidak menyerah dan bersikap positif terhadap hal itu. Kemudian kita memutuskan untuk mengambil jalan berbeda dari sebelumnya, akhirnya beberapa saat kemudian kita diterima di salah satu perusahaan ternama di kota besar.

 

Keberanian Akhirnya Tercipta

Melalui Ciptakan Keputusan Berbeda kita dapat memahami bahwa dengan memiliki tiga kekuatan di atas, akan muncul keberanian untuk menciptakan keputusan berbeda. Menciptakan keputusan yang belum pernah terpikirkan sebelumnya atau bahkan mungkin tidak disetujui banyak orang. Namun, melalui keputusan tersebut, dapat mengarahkan pada suatu kemajuan yang didamba-dambakan. Ingat bagaimana segala sesuatu yang kita gunakan sekarang ini bisa tercipta, seperti televisi, ponsel pintar, bahkan mungkin rumus gaya gravitasi. Tentu semua itu terwujud karena ada seseorang yang berani memunculkannya, berani berbeda dan menciptakan hal baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Apalagi bila kita adalah seorang pemimpin, tentu tak lepas dari hal menciptakan keputusan. Dengan demikian, keputusan yang harus kita ciptakan adalah keputusan yang mengarah pada hal positif dan kemajuan. Berani menciptakan keputusan berbeda secara tak langsung pun menjadi “harus” ada dalam diri kita sebagai pemimpin ini. Oleh karena itu, bila kita adalah pemimpin tapi belum mampu menciptakan keputusan berbeda, mari introspeksi diri. Barangkali kita memang belum memiliki tiga kekuatan di atas sehingga yang harus kita lakukan adalah memunculkannya dalam diri kita.

Akan tetapi, meski ditujukan untuk para pemimpin atau pimpinan organisasi maupun perusahaan, buku ini sesungguhnya juga bisa dibaca oleh kita yang bukan pemimpin. Mengapa demikian? Tiga hal utama di atas bila dipikirkan sesungguhnya akan sangat baik bila dimiliki oleh setiap kita. Bila setiap dari kita memiliki karakter kuat, pola pikir konsisten, dan mental kuat, tentu kita akan bisa memandang hidup kita dengan positif. Efeknya, kita akan mampu menghadapi setiap masalah yang menimpa kita dengan baik. Lebih lanjut, bila setiap dari kita mampu memiliki tiga hal tersebut, apa yang akan terjadi? Tentu dunia ini akan menjadi lebih damai, di setiap perkumpulan yang terlihat hanyalah harmoni bukan kekacauan. Itulah mengapa buku ini sesungguhnya bisa juga dibaca untuk kita yang bukan pemimpin. Dengan demikian, kita akan mampu membuka mata, pikiran, dan hati kita untuk menjadi diri kita yang lebih baik lagi.

 

Berani menciptakan keputusan berbeda sesungguhnya dibutuhkan oleh setiap kita yang menginginkan perbaikan dan kemajuan dalam hidup. Oleh karena itu, bila sebelumnya ada perasaan tidak suka atau menghindari perbedaan. Saat ini juga kita harus mengenyahkan pikiran tersebut. Menggantinya dengan pikiran senang dan terbuka terhadap perbedaan yang muncul. Bahkan bila perlu kita harus keluar dari zona nyaman kita yang menghindari perubahan dan mulai menciptakan keputusan berbeda.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.