Sumber: instagram.com/najwashihab/

 

Siapa sih yang tidak mengenal Najwa Shihab alias Mbak Nana? Rasanya semua orang pasti pernah melihat wajah cantik Mbak Nana ini di layar televisi dalam sebuah acara bernama Mata Najwa. Sebuah acara talkshow yang mengundang banyak narasumber kelas satu sebagai bintang tamunya, sebut saja Dahlan Iskan hingga presiden kita saat ini, Joko Widodo. Agar mampu mengimbangi para narasumber ini, tentu Mbak Nana membekali dirinya dengan wawasan luas yang salah satunya diperoleh dari membaca berbagai macam buku. Wah, bagaimana bisa Mbak Nana gak bosan membaca berbagai buku, ya? Rupanya, Mbak Nana memiliki rahasia tersendiri.

 

Minimal 30 Menit Sehari

Luangkan waktu minimal 30 menit sehari untuk membaca buku, bahkan di waktu sibuk sekalipun. Tidak ada ruginya melakukan hal ini, justru sebaliknya, wawasanmu makin bertambah tiap harinya. Hal ini juga membawa dampak positif tidak hanya pada kamu, tetapi juga pada keluargamu. Bayangkan saja, ketika kamu memiliki anak nanti, bila kamu sudah terbiasa untuk membaca buku tentu kamu akan berupaya agar anakmu juga rajin membaca buku. Efeknya, tentu anakmu akan menjadi anak berliterasi tinggi.

 

Baca Secara Bertahap, 5 Menit, 5 Menit

Bila kamu merasa membaca buku selama 30 menit itu sangat membosankan, kamu bisa mencoba cara ini. Baca saja secara bertahap, 5 menit, 5 menit. Misalnya, 5 menit di waktu pagi, 5 menit setelah makan siang, 5 menit di waktu sore, 5 menit sebelum makan malam, hingga 5 menit sebelum tidur. Atau kamu juga bisa mengatur waktunya sesukamu dan seluangmu. Bila dikumpulkan sama saja dengan kamu sudah membaca selama 30 menit dalam sehari, bukan.

 

Nonaktifkan Notifikasi Medsos

Apa hal yang paling mengganggumu ketika akan membaca buku? Apakah itu bunyi notifikasi tiada henti dari berbagai medsosmu? Bila demikian yang harus kamu lakukan adalah nonaktifkan notifikasi medsosmu selama waktu membaca. Kamu tentu akan jauh lebih tenang, membaca dengan nyaman tanpa terusik dengan suara-suara notifikasi yang justru mampu memecahkan kosentrasimu.

 

Cari Teman yang Suka Membaca

Satu hal ini mungkin memang gampang-gampang susah, tetapi bila ditemukan akan membawa dampak yang positif untukmu. Ya, cari teman yang juga suka membaca, dengan demikian kamu pun akan lebih mudah untuk melakukan kegiatan membaca. Jangan hanya terpaku pada teman di sekitarmu saja ya, bila kamu tidak menemukan teman di sekitarmu yang suka membaca, coba cari di berbagai medsos dan grup, seperti grup penulis buku Malang misalnya. Mengapa penulis, ya karena untuk menulis pasti rajin membaca banyak buku untuk memperoleh banyak wawasan.

 

Luangkan Waktu ke Toko Buku

Semua bukumu sudah kamu baca, buku perpustakaan juga kamu pinjam berulang kali. Solusinya? Luangkan waktu ke toko buku seperti toko penerbit buku Malang favoritmu. Jangan ragu untuk membeli buku baru guna menambah koleksimu. Selain itu, bila kamu mengeluarkan uang untuk sebuah buku tentu kamu merasa harus membaca buku tersebut agar tidak sia-sia bukan. Membeli buku juga termasuk membantu perekonomian yang ada. Tindakan satu ini menguntungkan banyak orang, bukan.

 

Lima hal di atas adalah rahasia Mbak Nana agar betah membaca berbagai macam buku. Apakah dari lima hal di atas ada yang sudah kamu coba? Bila belum, coba lakukan hal di atas agar kamu betah makin betah membaca berbagai macam buku. Ingat, buku adalah jendela dunia, dengan membaca banyak buku wawasanmu akan makin luas.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.