Pernah gak sih kamu merasa saat lagi mau nugas, tetapi tiba-tibabuntu ide? Kalau sudah begitu, apa yang biasa kamu lakukan? Makan? Melihat dunia luar? Membaca buku? Atau kamu masihbelum menemukan cara yang tepat?

Tenang, kamu bisa mencoba lima cara berikut ini kok! Mulaidari termudah hingga yang terkhayal dan terunik sekalipun.Simak baik-baik, ya!

Berjalan Keliling Kota

Dengan melihat aktivitas orang-orang yang berlalu lalang di kota membuat kita melihat hal-hal yang kadang jarang dilihat. Aktivitas yang berbeda-beda membuat kita sadar bahwa setiaporang memiliki tujuan masing-masing. Bahkan mereka yang berjalan di jalan yang sama belum tentu punya tujuan yang sama. Dengan berjalan keliling kota seperti ini akan sangatmembantumu untuk menemukan hal-hal menarik yang bisadijadikan inspirasi untuk tulisanmu. Kali saja di tengahperjalanan kamu menemukan penerbit buku yang bisa kamutandai sebagai tempat naskahmu berada nantinya.

Mengenang Momen Patah Hati

Sumber: bola.com

Untuk kamu yang sedang menulis naskah fiksi seperti ceritaromansa, cara ini bisa banget untuk kamu coba. Ya, meskimembuka luka lama, tetapi dengan mengenang momen-momenseperti saat kamu patah hati bisa membantu mengolah otakuntuk lebih terpacu lagi dalam menemukan inspirasi. Tapi bagaimana jika kamu belum pernah mengalami patah hati?Jangan sedih dulu, kamu bisa kok tanya-tanya ke temansekitarmu untuk menceritakan momen-momen patah hatimereka.

Merenung di Bilik Merenung

Apa kamu tahu yang dimaksud dengan bilik merenung? Ya, bilik merenung adalah kosa kata bahasa Malaysia yang berartitoilet. Istilah ini sangat cocok sekali untuk kamu para pencariinspirasi. Konon, cara satu ini dianggap cara yang ampuh dansangat ajaib. Bayangkan saja, hanya dengan duduk di toilet sambil merenung, tiba-tiba pikiran bertamasya ke sana kemaridan kemudian terlintaslah ide cemerlang. Luar biasa, bukan?Patut untuk dicoba!

Pergi ke Tempat Wisata

Tidak ada salahnya bagi kamu pergi untuk berwisata, pergisejenak dari tumpukan pekerjaan, kemacetan, dan rutinitas yang monoton.  Tempat wisata ini bisa bermacam-macam, tetapialangkah lebih baik jika kamu memilih tempat yang nuansanyaalami dan fresh agar pikiranmu menjadi lebih rileks dan terbuka.Dengan begitu, kamu bisa saja menemukan sebuah inspirasi saatotak dan pikiranmu rileks.

Menonton Film dan Mendengarkan Musik

Menonton film dan mendengarkan musik adalah kegiatan yang sangat mengasyikkan. Akan tetapi, siapa yang tahu jika denganmelakukan salah satu atau kedua hal ini bisa membantumudalam menemukan inspirasi.

Saat menonton sebuah film, misalnya. Pernahkah kamumengalami tiba-tiba terlintas sebuah ide cerita ataupermasalahan yang bisa jadi bahan tulisanmu hanya daripercakapan atau kejadian yang ada dalam film? Misal, saatkamu sedang menonton film horror lalu hantu yang tiba-tibamuncul di layar kaca monitormu memberimu inspirasi untukmenjadi seorang ghostwriter, profesi yang selama ini kamu cari-cari untuk menyalurkan bakat menulismu. keren, bukan?

Ya, itulah kelima cara cukup unik yang bisa kamu coba lakukansaat kamu kebingungan mencari inspirasi. Kira-kira, dari kelimacara di atas, manakah yang menurutmu paling ampuh? Buktikansecepatnya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.