Sumber: tribunnews.com

 

Pernahkah kamu merasa sudah berkunjung ke suatu tempat, padahal pada kenyataannya belum? Biasanya, kejadian seperti ini akan kamu rasakan ketika membaca sebuah novel yang penulisnya mampu menggambarkan suatu setting tempat dengan detail dan penuh imajinasi.

Setting tempat memang memiliki peran penting bagi suatu novel, lho! Di mana ia menggambarkan tempat terjadinya suatu cerita. Nah! Bagi kamu yang suka membaca novel-novel best seller, tempat-tempat berikut pasti sudah tak asing lagi! Apa saja?

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung (Novel Laskar Pelangi – Andrea Hirata)

Sumber: highlight.id

 

Siapa yang tidak tahu novel Laskar Pelangi? Novel best seller yang sudah berhasil diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa, bahkan sudah sempat difilmkan dan booming pada masanya ini mengambil setting tempat di Bangka Belitung.

Andrea Hirata berhasil menggambarkan berbagai keindahan alam yang ada di Belitung ke dalam novelnya dengan luar biasa! Salah satunya, yakni Pantai Tanjung Tinggi. Sebuah pantai di negeri Laskar Pelangi yang digambarkan memiliki air jernih dengan rona hijau toska dan batu-batu granit raksasa.

Jalur Pendakian Semeru (Novel 5 cm – Donny Dhirgantoro)

Sumber: Kompasiana.com

Novel yang tak hanya berhasil menjadi novel best seller di Gramedia selama dua tahun berturut-turut ini, juga berhasil membuat pembacanya penasaran dengan keindahan alam yang ada di sepanjang jalur pendakian gunung Semeru.

Semenjak novel ini booming, banyak kalangan anak muda yang berbondong-bondong ingin mendaki gunung semeru karena penasaran dengan keindahan alam yang ditawarkan. Ranu Kombolo, Tanjakan Cinta, Kali Mati ialah setting tempat di sepanjang jalur pendakian yang digambarkan oleh Donny Dhirgantoro berhasil menarik minat pembaca untuk berkunjung langsung ke sana. Gokil, ya!

Edensor (Edensor – Andrea Hirata)

  

Sumber: http://rahmimaratussoleha.blogspot.com/

Penulis yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi bakatnya dalam dunia kepenulisan. Tetralogi terakhir dari novel Laskar Pelangi, buktinya! Sebuah novel yang tak kalah best seller dengan novel pertamanya ini, mengambil setting tempat di desa kecil yang ada di Inggris.

Edensor telah membius pembaca melalui penggambaran tempat yang ada di dalamnya. Bak negeri dongeng, Andrea Hirata berhasil menggambarkan Edensor sebagai desa yang memiliki pemandangan sangat asri nan indah, dilengkapi juga dengan lapangan hijau dan sungai yang jernih. Suatu hal yang sangat memanjakan imajinasi pembaca, bukan?

Edinburgh, Skotlandia (Novel Harry Potter – J.K. Rowling)

Sumber: beritagar.id

Harry Potter. Novel yang sangat imajinatif dengan berbagai setting tempat yang rasanya tidak bisa dikunjungi secara nyata karena bersifat khayalan semata. Eits, jangan khawatir! Namun kota Edinburgh di Skotlandia adalah tempat di mana J.K Rowling menemukan banyak inspirasi setting tempat untuk novelnya, lho!

Misalnya nih, Kastil Edinburgh, The Royal Botanic Gardens, Dynamic Earth, Underground Edinburg dan The Scotch Whisky Experience.

Kuil-Kuil Megah di Kobe Jepang (Novel Hear the Wind Sing – Haruki Murakami)

Sumber: japanesestation.com

 

Haruki Murakami, novelis terkenal asal Jepang yang berhasil membuat novel Hear the Wind Sing diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa ini patut diacungi jempol! Keberhasilannya membuat pembaca berimajinasi tentang kota Kobe beserta kuil-kuil di sekitarnya memang luar biasa!

Meski berbau surealis, keindahan dan ketenteraman kuil yang digambarkan telah menghipnotis setiap pembaca untuk benar-benar bertandang langsung ke sana. Hebat, ya!

 

Yap! Itulah beberapa tempat yang dijadikan setting dalam berbagai novel best seller, baik dari penulis Indonesia maupun penulis mancanegara. Apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya atau justru tertarik untuk menciptakan novel sendiri dengan setting tempat yang menarik?

Wujudkan saja! Siapa tahu karyamu juga akan menyusul karya-karya mereka untuk menjadi best seller. Ada banyak penerbit di berbagai kota yang akan membantumu. Misalnya, penerbit buku Malang. Kamu juga bisa mempunyai karya tanpa harus menulisnya sendiri, lho! Cara ini bisa kamu lakukan ketika kamu bekerja sama dengan ghostwriter, misalnya ghostwriter Malang.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.