Apa yang kamu lakukan saat kamu ingin memberi tanda pada halaman buku yang telah kamu baca ketika akan menutupnya? Melipat sisi ujung halaman bukumu? Tidak! Jangan sekali-kali lakukan itu karena akan merusak bukumu.

Lalu apa yang bisa dilakukan? Jawabannya adalah dengan membuat pembatas buku.

Saat membeli sebuah buku, mungkin ada beberapa dari buku yang menyediakan pembatasnya sekaligus. Tentu akan menyenangkan jika bisa menemukan buku yang memiliki pembatas. Akan tetapi, gimana jika tidak ada pembatasnya? Tenang, tak ada rotan, akar pun jadi. Peribahasa ini cocok untuk kamu yang ingin memiliki pembatas buku sendiri. Gimana caranya? Yuk, simak uraian berikut!

Label bandrol baju

Untuk kamu yang suka sayang membuang label bandrol baju yang baru dibeli, bisa banget memanfaatkannya untuk pembatas buku novelmu biar gak lupa tadi baca sampai halaman berapa. Lebih enak lagi jika label itu ada talinya, seperti gambar di bawah ini.

Sumber: id.aliexpress.com

Tiket nonton

Siapa nih yang suka menyimpan tiket setelah nonton bioskop ataupun konser pertunjukan? Jika kamu salah satunya maka menggunakan tiket untuk pembatas buku tidak ada salahnya, loh. Dengan begitu tiket nonton yang penuh kenangan itu akan menemanimu saat membaca.

Sumber: urbandigital.id

Pug Bookmark

Jika kamu ingin membuat pembatas unik sendiri, kamu bisa membuatnya ala pug bookmark. Dengan menggambar sendiri bentuk pembatas yang diinginkan akan lebih menyenangkan, bukan? Untuk membuat pug bookmark ini pun kamu hanya memerlukan beberapa kertas sesuai kebutuhan, gunting, spidol, dan juga lem. Mau coba buat pembatas sendiri?

Sumber: etsy.com

Kartu nama

Kalau kamu dapat kartu nama, jangan dibuang! Kamu bisa memanfaatkan kartu nama tersebut untuk pembatas buku dadakan, loh. Bagaimana? Solutif, bukan? Selain berguna untuk pembatas, kamu juga bisa menjaga atau menyimpan kartu nama tersebut. Mungkin saja saat suatu hari nanti kartu nama itu dibutuhkan, kamu tinggal ambil deh dari dalam bukumu.

Sumber: freepik.com/creativent

Post it

Selain bisa digunakan untuk pembatas buku, post it juga bisa digunakan untuk mencatat hal-hal penting dalam buku yang sedang kamu baca, loh. Wah, bisa juga untuk nulis quotes dari novel yang sedang kamu baca untuk dibuat caption postingan medsosmu. Harus dicoba nih!

Sumber: kaskus.co.id

 

Ya, itulah benda-benda alternatif yang bisa kamu gunakan untuk pembatas buku. Memang tidak semua penerbit buku selalu menyediakan buku-bukunya memiliki pembatas, tetapi kamu bisa coba menggunakan benda-benda di atas untuk menggantikan pembatas buku.

Begitupun untuk kamu para penulis, termasuk penulis buku Malang, saat kamu akan menerbitkan buku alangkah lebih cantik jika ditambahkan pembatas untuk bukumu. Hal ini juga bisa menjadi daya tarik untuk bukumu.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.