Sumber: inhabitat.com

Siapa di sini yang gak suka pergi ke toko buku, hayo ngaku?

Bagi beberapa orang, pergi ke toko buku merupakan suatu kebutuhan. Apalagi bagi mereka yang suka membaca dan menulis, biasanya toko buku juga bisa menjadi tempat untuk meet up.

Para penulis yang bergabung dalam suatu komunitas, seperti Penulis Buku Malang, ketika ingin mengetahui cerita baru atau sekadar melihat minat pembaca yang lagi trend, pasti mampirnya ke toko buku.

Ngomong-ngomong, kamu sudah tahu belum toko terbesar di dunia ada di mana? Yuk, kepoin!

Terbentang Luas 110.000 Meter Persegi

Tehran Book Garden adalah toko buku terbesar di dunia yang telah diresmikan sejak tahun 2017. Toko buku ini telah berhasil menggeser rekor Toko Buku Barner & Noble. Toko buku yang memiliki luas tanah 110.000 meter persegi ini berlokasi di Negara Iran, tepatnya di Abbas Abad Hills, Tehran.

Pada bangunan yang sangat luas itu disediakan pula galeri seni, 10 gelanggang dan ruang teater, ruang duduk, ruang berdikusi, serta puluhan rak yang berisi ribuan buku. Sangat menakjubkan!

Sumber: bandung.bisnis.com

Ruangannya pun juga dibuat sangat menarik. Ada kursi warna-warni, dekorasi balon udara yang tergantung di plafon, dan laci-laci buku yang dipelur dengan warna kuning dan biru. Sangat memanjakan mata dan tentunya membuat pengunjung tidak bosan berada di sana.

Wah, jadi penasaran deh!

 

Berawal dari Populernya Tehran International Book Fair

Iran dikenal sebagai negara yang memiliki penyensoran ketat dan pernah melarang 40 buku terbit. Namun, di tahun 2015 pemerintah Iran semakin terbuka dan telah mengizinkan beberapa buku yang sebelumnya dilarang terbit. Memang penyensoran itu masih ada, tetapi sekarang terasa lebih longgar, bahkan perizinan penerbitan buku hanya berlangsung beberapa bulan.

Mengutip dari kumparanNEWS, pembangunan Tehran Book Garden sebenarnya telah diusulkan sejak 2004. Hal ini dikarenakan antusias warga sangat tinggi pada Tehran International Book Fair ke-30. Wali kota pun memulai pembangunan toko buku terbesar ini dengan harapan agar warga Iran, khususnya anak-anak, mampu memanfaatkan kesempatan pendidikan dan kebudayaan dengan lebih baik.

Harapan itu benar-benar diwujudkan dengan menyediakan fasilitas yang luar biasa. Dilansir dari World Economic Forum, Tehran Book Garden menyediakan ruang untuk anak-anak dan remaja dengan 400.000 judul buku khusus anak-anak. Di tahun 2016, Iran telah berhasil menerbitkan 8.000 buku.

 

Nah, itu dia toko buku terbesar se-dunia. Wah! Jadi ingin berkunjung ke sana, ya.

Yuk banyakin karya, siapa tahu nanti bukumu terpajang dengan cantik di Tehran Book Garden. Aminin bareng-bareng, ya. Aamiin.

Tulis karyamu sebanyak-banyaknya dan jangan lupa untuk diterbitkan, ya! Kamu loh bisa bekerja sama dengan Penerbit Buku Malang untuk menerbitkan karyamu yang luar biasa. Karya yang luar biasa jangan hanya disimpan, tetapi diterbitkan!

Semangat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.