Sebagai generasi penerus bangsa, anak harus dididik agar menjadi generasi yang berkualitas. Dengan demikian, penting sekali peran keluarga apalagi orang tua dalam mendidik anaknya sejak dari kecil. mendidik anak bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah menanamkan budaya membaca sejak dini. Kita tahu bahwa dengan membaca dapat menambah informasi, wawasan, dan pengetahuan yang beraneka ragam. Anak menjadi lebih pandai karena pengetahuan yang didapat ini.

Memang, menanamkan budaya membaca sejak dini tidak mudah untuk diterapkan. Apalagi zaman digital saat ini menjadi tantangan yang berat bagi orang tua untuk mengontrol aktivitas anak. Banyak anak yang lebih suka menghabiskan waktunya dengan bermain gadget ketimbang dengan membaca atau belajar. Oleh karena itu, orang tua harus pandai-pandai memantau dan mengontrol anak agar tidak terpengaruh oleh budaya-budaya luar yang kurang sesuai dengan umur mereka.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita coba lakukan untuk menanamkan budaya membaca buku kepada anak.

  1. Membiasakan untuk membacakan buku sebelum anak tidur

Jika hal ini dilakukan secara kontinu maka bisa mendorong anak agar mulai mencintai buku.

  1. Memilihkan buku yang sesuai dengan anak

Hal ini penting sekali untuk diperhatikan. Buku yang tidak sesuai dengan umur anak bisa membuat anak salah menafsirkan isi buku tersebut. Hal ini juga bisa dikuatkan dengan menemani anak ketika membaca buku. dengan begitu, saat anak memiliki pertanyaan atas isi buku atau kosa kata baru atau kurang dimengerti, mereka bisa langsung menanyakannya kepada kita.

  1. Mengajak anak ke perpustakaan

Mengajak anak pergi ke toko buku atau perpustakaan dapat membuat anak bisa memilih dan mencari buku yang sesuai dengan yang diinginkan. Akan tetapi, tentu dalam hal ini orang tua tetap harus memantau buku yang dipilih anak.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.