Untuk Anda yang memang sehari-harinya memiliki segudang aktivitas dan pekerjaan, tentunya dalam membaca buku agaknya menjadi sesuatu yang cukup sulit untuk dilakukan. Anda merasa sudah cukup lelah dengan berbagai kegiatan yang dilakukan selama seharian dan akhirnya membaca buku hanya saat ada waktu luang. Itu pun masih harus menguatkan niat terlebih dahulu untuk mulai membaca buku.

 

Meminjam Buku dari Perpustakaan

Jika Anda meminjam buku dari perpustakaan, tentu saja akan ada jangka waktu tertentu yang harus diperhatikan untuk masa pinjamnya. Maka nantinya Anda akan terdorong untuk bisa menyelesaikan membaca buku tersebut sebelum masa pinjamnya habis. Sehingga Anda juga akan membaca lebih banyak buku nantinya. Untuk meningkatkan motivasi maka pilihlah buku yang memang membuat Anda penasaran dan benar-benar ingin membacanya.

 

Mencoba Membaca Dengan Jenis Berbeda

Jika Anda membaca buku dengan jenis yang berbeda maka akan ada lebih banyak ilmu yang Anda dapatkan dari kegiatan membaca buku ini. Bahkan menurut penelitian jika Anda membaca sastra maka akan melatih fungsi kognitif otak menjadi lebih baik dan meningkatkan aliran darah ke area otak. Sedangkan jika Anda membaca buku motivasi atau populer lainnya maka akan mendapatkan sebuah inspirasi untuk kehidupan Anda. Maka pengalaman dan ilmu Anda juga akan semakin berkembang dengan membaca buku dengan berbagai jenis.

 

Membaca Sebelum Tidur

Waktu sebelum tidur adalah saat yang terbaik untuk Anda menghindari paparan gadget. Sehingga akan lebih baik jika Anda memilih untuk membaca buku setidaknya satu jam sebelum tidur. Memilih untuk membaca buku sebelum tidur, selain dapat memberikan ilmu baru juga akan membantu Anda untuk istirahat lebih cepat dan nyenyak. Berdasarkan penelitian bahwa membaca buku selama 6 menit dalam sehari bisa mengurangi adanya stres sampai 68%. Sehingga ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dari kegiatan yang satu ini.

 

Menantang Diri Meningkatkan Kecepatan Membaca

Semakin meningkat kecepatan Anda dalam membaca maka akan semakin banyak pula buku yang Anda baca. Anda bisa membuat target buku yang harus diselesaikan dalam wakru sebulan misalnya. Maka Anda harus berusaha untuk mencapai target tersebut dengan baik. Adanya target ini juga akan menjadi pendorong bagi Anda untuk meningkatkan waktu luang yang digunakan untuk membaca. Anda bisa mengganti waktu yang biasanya dihabiskan hanya untuk bermain gadget menjadi waktu membaca.

 

Meluangkan waktu untuk membaca meskipun sedang sibuk adalah hal yang baik untuk dilakukan karena nantinya akan ada banyak manfaat yang Anda dapatkan. Tidak hanya untuk pengetahuan, tetapi juga melepas stres, dan manfaat pengembangan diri lainnya. Sehingga buatlah target membaca buku Anda dan lampaui ekspektasi Anda untuk bisa meningkatkan nilai diri melalui buku yang dibaca.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.