Meningkatkan semangat menulis memang menjadi tugas setiap penulis baik yang sudah berpengalaman maupun masih pemula. Sehingga harus ada pendorong yang tepat agar semangatnya tidak sampai menurun. Pemicunya bisa dari membuat resolusi Anda untuk bidang menulis agar nantinya ada target yang dikejar selama setahun ke depan sesuai harapan yang Anda inginkan masing-masing.

 

Mendisiplinkan Waktu Menulis

Jika sebelumnya Anda hanya menulis saat ada waktu luang maka sekarang harus lebih disiplin dengan waktu menulis yang sudah ditentukan. Dengan berusaha untuk mendisiplinkan diri dengan waktu yang sudah Anda tentukan sendiri maka nantinya Anda akan melihat sendiri hasilnya akan lebih signifikan dibandingkan kebiasaan menulis Anda yang sebelumnya. Maka langkah ini harus segera dilakukan untuk menghasilkan karya lebih cepat.

 

Memiliki Target yang Jelas

Di dalam resolusi menulis yang Anda buat harus ada target yang jelas. Misalnya tahun ini Anda harus menyelesaikan dan menerbitkan satu buku. Maka segalanya harus dipersiapkan dengan baik sejak awal. Dengan target yang pasti dalam resolusi tersebut maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengukur tingkat keberhasilannya. Target ini juga akan meningkatkan semangat menulis secara lebih optimal. Anda akan merasakan dorongannya lebih dari sebelumnya untuk bisa menyelesaikan tulisan Anda.

 

Buat Resolusi Berjangka Waktu, Tapi Realistis

Anda bisa menulis dalam resolusi Anda misalnya dalam waktu 3 bulan naskah buku atau karya tulisan Anda harus sudah selesai. Kemudian 1-2 bulan Anda bisa melanjutkan proses penyuntingan baik dilakukan sendiri maupun bantuan orang lain, dilanjutkan proses cetak. Segala persiapan akan Anda lakukan secara bertahap dengan cara ini. Sehingga dalam resolusi yang Anda buat sebelumnya akan bisa tercapai dengan baik menggunakan cara yang satu ini. Resolusi dengan target waktu memang memiliki lecutan yang lebih besar untuk membantu mengembangkan diri Anda dan semangat menulis yang dimiliki menjadi lebih baik lagi.

 

Jangan Takut Membuat Resolusi yang Lebih Besar

Anda tidak perlu khawatir untuk membuat resolusi yang lebih besar lagi targetnya karena hal tersebut adalah api yang akan membuat semangat Anda semakin membara. Meskipun tetap harus mempertimbangkan kemampuan diri, tetapi Anda harus memberanikan diri untuk menantang diri sendiri mencapai target yang lebih besar lagi, apalagi untuk meningkatkan semangat menulis. Jika Anda ragu maka hasilnya juga tidak akan maksimal sesuai target yang diharapkan.

 

Menulis adalah sesuatu yang sebenarnya bisa Anda usahakan jika mau bergerak, bukan bakat yang didapatkan sejak lahir. Sehingga yang Anda butuhkan adalah keyakinan pada diri sendiri, disiplin, dan fokus pada target. Dengan begitu semangat menulis Anda akan meningkat dan keinginan untuk memiliki karya buku yang dipublikasikan akan tercapai bahkan lebih baik dari ekspektasi Anda sebelumnya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.