Ketika akan mencetak sebuah buku maka salah satu komponen penting yang juga harus dipertimbangkan dengan baik adalah jenis kertas buku cetak. Kertas buku yang tepat untuk Anda gunakan tentu saja akan meningkatkan kesan kualitas pada keseluruhan buku tersebut. Sehingga nantinya juga akan berpengaruh terhadap penjualan dan kenyamanan para pembacanya.

Sebelumnya akan lebih baik jika Anda mengenal dengan baik beberapa jenis kertas yang banyak digunakan untuk pencetakan buku. Tentu saja pertimbangan budget juga harus diperhatikan dengan baik agar tidak sampai melebihi jumlah yang sudah diperhitungkan sebelumnya. Anda juga bisa membuat tampilannya menjadi lebih premium atau eksklusif dengan dukungan penggunaan kertas yang tepat.

 

Kertas HVS

Jenis kertas ini memang paling umum untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan cetak buku dan lainnya. Kertas HVS memiliki karakteristik dengan tekstur halus, putih, dan memiliki beberapa pilihan ketebalan mulai dari 60, 70, 80, dan 100 gsm. Mulai dari urusan kantor, sekolah, hingga untuk cetak buku jenis kertas buku cetak memang cukup mudah disesuaikan untuk menghasilkan cetakan buku berkualitas terbaik dan premium tentunya.

Imperial Paper

Imperial paper ini memiliki warna high cream dengan grammatur 50, 60, dan 72 gram. Penggunaan jenis kertas buku cetak ini banyak diaplikasikan pada buku yang tebal dengan banyak halaman. Pemilihan jenis kertas ini memang lebih karena alasan beratnya yang ringan, sehingga akan membuat buku menjadi lebih mudah untuk dibawa kemana-mana.

Book Paper

Pada jenis kertas book paper ini memang memiliki tekstur yang agak kasar cenderung halus, warnanya kekuningan, dan tipis. Anda bisa memiliki ketebalan kertas mulai dari 55 gsm, 70 gsm, dan 90 gsm. Memang untuk beberapa jenis buku penggunaan kertas ini juga memberikan kemenarikan tersendiri sehingga kualitas buku Anda juga bisa dimaksimalkan.

Pertimbangan untuk menggunakan jenis kertas ini adalah sebaiknya untuk buku yang hanya ada teks di dalamnya. Hal ini dikarenakan book paper kurang menghasilkan cetakan yang bagus jika digunakan untuk mencetak gambar sehingga warnanya menjadi kurang tajam. Warnanya yang kekuningan memang didesain agar para pembaca tidak mudah mengalami kelelahan mata saat berlama-lama membaca buku tersebut.

Art Paper

Kertas ini memiliki tekstur yang lebih halus dan licin dengan warnanya yang putih. Ketebalan dari kertas ini agak tipis yaitu 120 dan 150 gsm, Anda tinggak menyesuaikannya dengan kebutuhan pencetakan buku masing-masing. Dikarenakan memang nama kertas ini art paper maka sejalan dengan fungsinya yang akan membuat hasil gambar yang dicetak terlihat lebih optimal untuk dinikmati pembaca.

Kebanyakan jenis kertas ini digunakan untuk mencetak brosur, isi majalah, hingga bagian dalam buku yang memang ingin menampilkan gambar secara detail. Keuntungan dari penggunaan jenis kertas buku cetak satu ini akan memberikan kesan yang lebih premium terhadap buku yang dicetak. Tentu saja hal ini menjadi sesuatu yang penting untuk dipertimbangkan dengan baik sebelum mencetak buku.

Matt Paper

Pada dasarnya matt paper ini hampir mirip dengan art paper tetapi permukaannya tidak mengkilap (matt). Jenis kertas ini memang memiliki karakteristik yang cocok untuk mencetak katalog, majalah, buku tahunan, meskipun bisa juga diaplikasikan pada jenis buku yang lainnya. Jenis kertas ini bisa dimodifikasi dengan mencetak spot uv untuk memberikan efek glossy di beberapa area tertentu. Sedangkan untuk pilihan ketebalan kertasnya ada pilihan 90 sampai 150 gsm yang bisa dipilih sesuai kebutuhan cetak Anda.

Maka dalam memilih jenis kertas yang akan diaplikasikan dalam karya buku Anda tentunya sangat penting dilakukan. Berbagai pertimbangan dari berbagai sisi perlu untuk diperhatikan, sehingga nantinya harapan untuk menghasilkan buku premium dapat tercapai dengan baik. Anda bisa mengonsultasikan pemilihan jenis kertas buku cetak dengan pihak penerbit yang sudah profesional untuk mendapatkan bantuan pertimbangan dari mereka yang sudah memiliki banyak pengalaman di dunia penerbitan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.