Sumber: pixabay.com

Kamu punya buku-buku usang yang sudah tidak bisa dibaca lagi? Jangan buru-buru dibuang! Buku memang benda yang punya sejuta manfaat. Saat masih baru dan bisa dibaca, buku menjadi sumber bacaan yang kaya ilmu pengetahuan. Saat sudah berumur tua dan tulisannya tak terbaca, buku-buku tertentu bisa dijadikan koleksi untuk dipajang. Namun, jika terlalu banyak buku tua yang hanya didiamkan, justru bisa menjadi sarang debu atau semakin rusak karena dimakan binatang-binatang kecil.

Maka dari itu, agar buku bekasmu masih bisa bernilai manfaat, lebih baik didaur ulang menjadi benda lain yang indah. Memangnya bisa? Bisa dong! Berikut beberapa karya unik yang ternyata dibuat dari buku bekas.

 

Pembatas Buku

Sumber: pinterest.com

Punggung buku bekas bisa dijadikan sebagai pembatas buku yang estetik. Cara membuatnya cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunting punggung buku yang sudah tak layak baca, lubangi di bagian atasnya, kemudian tambahkan pita sebagai tali penggantung. Pembatas buku dari punggung buku bekas pun sudah jadi. Hasilnya tak kalah indah dari pembatas buku baru, lho! Malah pembatas buku DIY ini memberikan kesan vintage karena dibuat dari buku yang sudah tua.

 

Scrap Book

Sumber: Uprint.id

Buku-buku bekas yang ada di tumpukan koleksimu bisa juga disulap menjadi scrap book yang indah. Misalnya nih, kamu punya buku cetakan salah satu penerbit buku Malang yang isinya sudah tak terbaca karena pernah kena tumpahan teh. Kamu bisa jadikan buku ini sebagai scrap book dengan menempelkan catatan ataupun foto di dalamnya. Tambahkan pula hiasan seperlunya agar scrap book semakin indah.

 

Dompet

Sumber: Whingsofwhimsy

Meskipun buku terbuat dari bahan kertas, ternyata juga bisa dijadikan dompet. Meskipun kualitasnya tentu sangat berbeda dengan dompet kulit, setidaknya dompet dari kertas buku bekas bisa difungsikan untuk meletakkan dan menyimpan uang. Setiap halaman isi pada buku bekas bisa dilipat lalu jahit atau diberi lem di tepiannya. Lakukan beberapa kali hingga ada beberapa ruang yang tercipta dari lipatan isi buku. Dan, taraa! Dompet dari buku bekas pun jadi.

 

Tas Multifungsi

Sumber: literasinusantara.com

Buku bekas juga bisa didaur ulang menjadi tas multifungsi. Ada yang berbentuk ransel, totebag, tas slempang, bahkan tas jinjing. Sudah banyak tutorial di internet yang memberikan langkah sekaligus contoh model tas daur ulang dari kertas. Kamu bisa memilih tutorial yang paling mudah dicoba dan tentunya yang hasil tasnya sesuai kebutuhan, ya.

 

Penyimpanan Alat Tulis

Sumber: homedit.com

Halaman isi buku bekas yang dilengkungkan ternyata bisa dijadikan tempat penyimpanan alat tulis. Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama, pilih buku bekas yang tidak terlalu tebal dan ukurannya tidak terlalu besar. Selanjutnya, pisahkan halaman buku menjadi beberapa bagian. Misalnya, buku yang berisi 200 halaman bisa dibagi menjadi 4 bagian yang kira-kira setiap bagian berisi sekitar 50 halaman. Setelahnya, lengkungkan setiap sisi bagian lalu beri lem di ujung lengkungan agar mereka menyatu. Penyimpan alat tulis pun sudah bisa digunakan.

 

Bingkai Foto

Sumber: dailysia.com

Bingkai foto bisa dibuat dari berbagai macam bahan yang dikreasikan. Namun, pernahkah kamu coba membuat bingkai foto dari buku bekas? Bingkai foto ini sebaiknya dibuat dari buku yang jumlah halamannya sedikit (tidak tebal). Caranya cukup tempelkan foto pada cover depan atau belakang buku bekas yang akan dijadikan bingkai. Akan lebih bagus jika kamu pilih buku yang sudah memiliki cover estetik dari aslinya sehingga tidak perlu lagi memberi hiasan tambahan.

 

Seiring tahun, tentu koleksi bukumu juga akan bertambah mengikuti terbitan penerbit buku terbaru. Ketika koleksi buku baru sudah banyak, sering kali buku-buku yang lama tidak terbaca hingga usang dan rusak karena faktor alami. Kini kamu tak perlu buru-buru membuang buku yang sudah rusak itu karena sudah banyak referensi untuk mengkreasikannya menjadi barang bermanfaat. Selamat mencoba!

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.