Waktu senggang adalah waktu ketika kamu sudah tidak memiliki aktivitas yang berat. Biasanya, setiap orang memiliki aktivitas yang berbeda-beda untuk mengisi waktu luangnya. Kalau kamu, apa yang biasanya kamu lakukan untuk mengisi waktu senggangmu? Bercengkerama dengan keluarga, bermain-main dengan hewan peliharaan, melakukan hobi, atau menamatkan buku bacaan yang sudah lama kamu lewatkan?

Kalau kamu suka membaca buku di waktu senggang dan referensi buku bacaanmu sudah habis, jangan risau. Kamu bisa membaca beberapa buku biografi berikut ini. Barangkali saja kamu jadi terinspirasi dan termotivasi untuk mengikuti jejak-jejak para tokoh yang diceritakan. Simak, yuk!

 

Better Life Better Internet, 2022

Sumber: Dokumen Litera Mediatama

Buku terbitan penerbit buku Malang ini menceritakan tentang kisah hidup seorang anak muda yang membangun kariernya di bidang internet service provider. Berawal dari impiannya sejak kecil, Roberto Gustinov dengan semangat dan usaha kerasnya mampu mendirikan perusahaan yang semakin berkembang hingga saat ini. dalam buku ini, selain kisah hidup yang diceritakan, terdapat value-value penting yang bisa kamu ambil, lho.

 

Pesawat Habibie: Sayap-Sayap Mimpi Indonesia, 2014

Sumber: arimbibimoseno.wordpress.com

Buku yang ditulis oleh Arimbi Bimoseno ini menampilkan sisi utama Sang Maestro BJ Habibie yang genius, agamais, dan juga romantis. Keberhasilannya dalam membuat pesawat yang dicapainya tidaklah instan, tetapi perlu melalui beberapa tahapan yang tidak mudah. Tak hanya berbicara soal pesawat, buku ini juga menceritakan sisi kenegarawan Habibie dan perjalanan spiritualnya. Ada banyak motivasi dan kunci hidup yang bisa kamu dapatkan dengan membaca buku ini.

 

Bang Lubis, 2021

Sumber: Dokumen Litera Mediatama

Buku yang dikemas dalam versi novel ini ditulis oleh sang istri yang menceritakan tentang suaminya. Garis besar cerita buku ini adalah kisah perjalanan seorang Bang Lubis yang memiliki luka pengasuhan di masa kecil, tetapi Bang Lubis tidak menyerah dan bertekad memutus mata rantai luka pengasuhan tersebut. Dari buku ini kita akan tersadarkan bahwa luka pengasuhan dari masa kecil yang kerap diabaikan bisa berpengaruh pada masa depan orang yang mengalaminya. Ya, bisa dibilang buku ini mengangkat tema psikologis.

 

Buya Hamka: Sebuah Novel Biografi, 2018

Sumber: pustakaiman.com

Satu lagi buku novel yang bergenre biografi. Kali ini, bercerita tentang kehidupan mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang ditulis oleh Haidar Musyafa. Kita tahu, bahwa sosok Buya Hamka adalah orang yang memiliki pandangan dan pendapat berbeda dengan kamu komunis, bahkan juga dengan presiden RI saat itu, yaitu Ir. Soekarno. Oleh karena itu, hidupnya jadi tidak tenang. Hamka bahkan pernah menjadi tahanan akibat tulisannya yang kontroversial. Namun, Hamka menjalani kehidupannya yang liku-liku itu dengan pantang menyerah.

 

Perjalanan Pilihan Langit: Darwan Kiswandi (Sang Petarung Visioner), 2021

Sumber: ghostwriter.co.id

Kisah dari seorang peternak ayam yang begitu andal ini ditulis oleh David MinG. Mulai dari kisahnya sejak kecil yang berteman dengan hewan-hewan piaraannya hingga kini ia bisa memiliki lebih dari 2 juta populasi ayam. Banyak hal yang dibahas dalam buku ini, selain pahitnya perjalanan hidup selama membangun bisnis, diceritakan juga bagaimana kepribadian Darwan yang humoris dan juga pekerja keras. Semangat dan sifat kerja kerasnya bisa membuatmu makin memikirkan apa yang harus dilakukan di masa depan.

 

Nah, lima rekomendasi buku biografi di atas bisa kamu dapatkan dan baca untuk mengisi waktu luang. Kalau kamu tertarik untuk menulis buku biografi, tidak ada salahnya untuk mencoba. Kamu bisa menghubungi jasa menulis buku yang ada di daerahmu, lalu tawarkan kerja sama dengan mereka untuk menulis biografi salah satu tokoh. Menjadi seorang penulis di jasa menulis ternyata juga bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktumu.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.