Perkembangan dalam bahasa Indonesia ternyata masih terus terjadi maka ada beberapa kata baku baru yang mungkin masih belum banyak diketaui. Tentunya hal ini perlu untuk Anda ketahui dengan baik apalagi jika ingin menjadi seorang penulis maka kualitas pengetahuan akan kata baku dalam bahasa Indonesia ini sangat penting untuk diketahui dengan baik.

Bahkan banyak orang yang belum mengetahui atau masih sering terjadi kesalahan dalam menggunakan bahasah Indonesia baku dengan baik dan benar. Maka perlu untuk belajar memahami kata baku tersebut dengan benar agar nantinya bisa diaplikasikan ketika menulis. Kualitas tulisan Anda akan menjadi lebih optimal dan memberikan kesan yang profesional dalam memberikan manfaat untuk para pembaca nantinya.

Tetikus

Tetikus ini adalah benda yang sangat dekat dengan pekerjaan sehari-hari yaitu mouse. Perangkat komputer yang digunakan untuk membantu mengendalikan kursor ini tentunya sudah sering Anda lihat dan gunakan. Tetapi memang masih banyak orang yang asing dengan istilah tetikus untuk perangkat yang satu ini.

Saltik (Salah Ketik)

Mungkin orang jaman sekarang lebih sering menyebutnya dengan typo. Kata ini diungkapkan ketika terjadi kesalahan dalam menulis. Jika Anda ingin menggunakna istilah dalam bahasa Indonesia untuk hal ini maka gunakanlah saltik atau akronim dari salah ketik. Memang terasa aneh tetapi inilah kata baku yang harus digunakan dalam bahasa Indonesia.

Daring dan Luring

Di era digital seperti sekarang ini tentunya kehidupan masyarakat tidak jauh dari yang namanya internet. Maka dalam bahasa Indonesia yang baru, istilah online disebut dengan daring atau dalam jaringan, sedangkan offline disebut lurang atau luar jaringan. Jadi Anda sudah bisa menggunakan kata baku baru ini dengan baik saat sedang berkomunikasi terkait konektivitas dengan jaringan internet.

Pelantang

Apakah Anda bisa menebak apa itu pelantang? Ya, pelantang itu adalah mikrofon atau alat pengeras suara. Istilah ini berasal dari kata dasar lantang sehingga alatnya disebut sebagai pelantang. Anda bisa mulai untuk menggunakan istilah ini dengan baik saat akan menyebutkan sebuah mikrofon.

Narahubung

Belakangan sudah mulai banyak orang yang mengganti istilah contact person dengan narahubung. Arti dari istilah narahubung ini adalah orang yang memiliki tugas sebagai penghubung dan penyedia informasi untuk pihak luar. Anda akan menemukan istilah ini pada undangan atau brosur khusus untuk menghubungi mereka ketika membutuhkan informasi.

Pramusiwi

Arti dari pramusiwi adalah wanita yang bekerja untuk sebuah keluarga dan tugasnya adalah merawat bayi dan anak kecil. Istilah yang digantikan adalah babysitter dalam hal ini. Jadi sekarang jangan lagi menggunakan istilah dalam bahasa asing dan biasakan untuk menggunakan istilah pramusiwi.

Mengetahui dan memahami adanya kata baku yang baru akan menambah pengetahuan Anda untuk menggunakan bahasa yang paling tepat. Sehingga perhatikan dengan baik kata baku baru yang sebaiknya digunakan dengan baik dan benar saat ini.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.