Membahas tentang teknik menulis buku menarik memang ada berbagai hal yang perlu untuk dipertimbangkan dengan baik. Poin penting yang harus Anda perhatikan dalam hal ini adalah mengetahui cara yang tepat agar bisa memahami karakter dari target pembaca Anda. Jika Anda bisa dekat dengan pembaca melalui tulisan yang sesuai selera mereka, tentu saja akan jadi pendorong buku Anda bisa laris di pasaran.

Sebelum Anda mulai menulis, ada baiknya Anda menentukan target pembacanya terlebih dahulu dan memahami karakter mereka seperti apa. Selain membuat proses menulis menjadi lebih mudah serta cepat diselesaikan karena Anda sudah mengetahui konsep serta gaya bahasa seperti apa yang harus digunakan dalam buku tersebut.

 

Tentukan Siapa Pembaca Karya Buku Anda Nantinya

Menentukan target pembaca sebelum menulis buku menarik adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan. Saat menentukan target ini Anda bisa mempertimbangkan berapa rentang usia pembaca, pekerjaan, dan detail lainnya. Dengan begitu akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara untuk melakukan komunikasi kepada mereka melalui tulisan. Hal ini sangatlah penting karena tentu saja rentang usia, pekerjaan, bahkan hingga pendidikan yang berbeda juga akan membutuhkan cara komunikasi berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikannya sebaik mungkin agar tidak sampai nantinya hasil tulisan Anda kurang bisa diterima oleh target pembaca masing-masing.

 

Alasan Mereka Mau Membaca Tulisan Anda

Jika Anda bisa menjawab pertanyaan “Mengapa mereka mau membaca tulisan Anda?” maka akan lebih mudah untuk memaksimalkan hal tersebut. Misalnya, mereka mau membaca karya buku Anda karena aplikatif, solutif, relevan dengan kondisi saat ini, atau mudah dipahami saat dibaca. Tentu saja hal ini akan menjadi poin lebih dari karya buku Anda bisa menarik perhatian pembaca lebih banyak lagi. Jadi temukan alasan mereka untuk membaca karya Anda agar bisa direncanakan nantinya bagaimana cara Anda menulis karya tersebut sesuai dengan alasan dari target pembaca tersebut. Penyesuaian ini nantinya akan sangat menguntungkan untuk Anda lakukan karena meningkatkan kualitas dari karya tulisan Anda di mata para target pembaca. Inilah trik menulis buku menarik yang harus Anda aplikasikan dengan baik.

 

Bagaimana Target Pembaca Akan Membaca Buku Anda?

Jawaban dari pertanyaan ini terkait dengan konsep buku yang akan Anda kembangkan. Misalnya Anda ingin membuat buku yang banyak ilustrasi atau gambarnya, diselipkan cerita dalam bentuk komik, diselipkan quotes, dibuat banyak contoh kasus, atau konsep buku lainnya yang ingin Anda gunakan. Dengan begitu Anda bisa menentukan pembaca nantinya akan membaca buku tersebut dengan bersantai, serius, belajar, atau berpikir sambil melihat contoh kasus yang ada. Tentunya buku dengan konsep yang berbeda juga akan memberikan kesan berbeda bergantung dari target pembaca yang Anda tuju.

Jadi untuk memudahkan Anda dalam melakukan penyesuaian konsep, konten, hingga gaya bahasa yang akan digunakan di dalam karya buku caranya adalah mempertimbangkan 3 poin penting tersebut. Jika Anda sudah memiliki jawaban dari 3 poin tersebut maka proses menulis juga bisa dilalui dengan lebih mudah dan kualitas buku Anda bisa lebih meningkat dari sebelumnya. Cobalah untuk terus menulis buku menarik dengan mempertimbangkan sudut pandang target pembaca.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.

WhatsApp chat