Buku dan pembajakan yang terjadi di Indonesia hingga kini memang terbilang buruk. Maraknya pembajakan buku ini membuat mutu dan kualitas buku sebagai sumber ilmu pengetahuan menjadi tergeser. Lebih parahnya lagi, pola pikir masyarakat yang belum mumpuni dalam menghadapi pembajakan ini menjadikan mereka merasa, “Yang penting punya buku dan dapat dibaca”. Apalagi untuk kalangan ekonomi ke bawah yang memiliki keterbatasan biaya untuk mendapat buku original yang harganya lebih tinggi dari buku bajakan.

Definisi dari pembajakan buku sendiri adalah usaha untuk memperbanyak buku dengan cata dicetak, di-fotocopy, atau dengan cara lain tanpa izin tertulis dari penerbit buku terkait. Aturan tentang hak cipta buku pun telah dibuat oleh pemerintah, yaitu pada Pasal 40 Ayat (1) Huruf (a) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Aturan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Ciptaan yang dilindungi meliputi ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra, terdiri atas:
  • Buku, pamflet, perwajahan karya tulis yang diterbitkan, dan semua hasil karya tulis lainnya.

Sebuah buku lahir dari hasil kolaborasi bebobot antara penulis, editor, alih Bahasa, desainer visual, bahkan para pekerja di pabrik kertas. Sebelum diterbitkan, sebuah buku mesti melewati waktu hingga berbulan-bulan, bahkan ada yang bertahun-tahun utnuk pemeriksaan kualitas isi buku. Hal inilah yang harusnya di perhatikan oleh mereka para pembajak buku. Mereka dengan seenaknya menduplikasikan buku kemudian menjualnya dengan harga miring tanpa memikirkan jerih payah dari penulis dan penerbit.

Literasi di Indonesia memang jauh dari kata ideal. Akan tetapi, masalah pembajakan buku ini bisa menjadi ancaman yang serius untuk peningkatan literasi. Pelanggaran hak cipta ini bertentangan dengan upaya pelaksanaan pembangunan nasional yang semakin meningkat, khususnya di bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra. Oleh karena itu, mari lebih menghargai dan mulai menciptakan sikap moral yang tinggi terhadap buku dengan selalu membeli buku-buku asli.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.