Agama merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Sejak zaman primitif hingga era yang diselimuti teknologi canggih seperti saat ini, manusia masih membutuhkan agama sebagai panutan dan acuan hidupnya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa agama sangat penting dalam kehidupan manusia.

1. Agama merupakan sumber moral.

Tidak adanya moral dapat membuat kehidupan menjadi berantakan, bahkan juga kehidupan bangsa dan negara. Dengan adanya agama dapat membuat tatanan hidup manusia menjadi terarah dan lebih baik.

2. Agama merupakan petunjuk kebenaran.

Kebenaran merupakan sesuatu yang tidak dapat diperoleh melalui akal. Adanya ilmu filsafat pun bertujuan untuk mengetahui dan mencari jawaban sebuah kebenaran itu sendiri. Kebenaran adalah hal yang relatif dan kebenaran relatif bukanlah kebenaran yang sebenarnya. Dalam agama, Tuhan telah menjelaskan bahwa kebenaran itu telah diturunkan melalui kitabnya agar manusia mendapatkan kepastian hukum di antara manusia dengan apa yang telah ditunjukkan oleh Tuhan kepada kita.

3. Agama merupakan sumber informasi tentang masalah metafisika.

Mempergunakan akal untuk menimbang hakekat dari persoalan yang berkaitan dengan keesaan Tuhan, atau hidup sesudah mati, atau sifat-sifat Tuhan, atau persoalan lain di luar akal adalah seperti mencoba menggunakan timbangan tukang emas untuk menimbang gunung. Hal ini tidak berarti bahwa timbangan tersebut kurang tepat, melainkan karena akal mempunyai batas-batas yang membatasinya.
Berhubungan dengan hal tersebut, persoalan yang menyangkut metafisika masih gelap bagi manusia dan belum mendapatkan penyelesaian akan semua tanda tanya tentang hal yang tidak terjawab oleh akal.

4. Agama memberikan bimbingan rohani bagi manusia, baik dikala suka maupun dikala duka.

Dalam masyarakat, dapat dilihat seringkali orang salah mengambil sikap menghadapi cobaan suka dan duka. Misalnya dikala suka, orang mabuk kepayang dan lupa daratan. Bermacam karunia Tuhan yang ada padanya tidak mengantarkan dia kepada kebaikan, tetapi justru membuat manusia jahat. Dengan adanya agama dapat membuat manusia lebih tegar dan bersikap bijak dalam menghadapi hal tersebut.

Demikian beberapa alasan pentingnya sebuah agama bagi kehidupan manusia. Semoga melalui tulisan ini dapat membuat kita lebih mendalami agama yang kita pegang teguh agar menjadi manusia yang lebih baik.

Aini, Soleha Nur. 2013. Pentingnya Pendidikan Agama Bagi Kehidupan. Diambil dari http://soleha-okee.blogspot.co.id/2013/01/pentingnya-pendidikan-agama-bagi.html Diakses pada 14 Maret 2018.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.