Masa pandemi ini memang bisa membuat jenuh dan stres. Apalagi untuk kalangan anak-anak yang notabenenya suka bermain di luar ruangan. Sebagai orang dewasa, kita harus bisa menciptakan lingkungan yang nyaman untuk anak di sekitar kita agar mereka betah tinggal di rumah. Salah satu cara yang bisa kita lakukan, yaitu dengan menciptakan dan meningkatkan minat baca anak dengan menemaninya membaca buku.

Nah, jika kamu masih kebingungan buku-buku apa saja yang bisa dibaca oleh anak-anak, di bawah ini ada rekomendasi yang boleh banget kamu berikan.

  1. Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela

Novel karya Tetsuko Kuroyanagi ini menceritakan tentang seorang anak yang bernama Totto-chan. Ia sering membuat guru di sekolahnya merasa jengkel hanya karena rasa keingintahuannya yang besar. Selain itu, ia juga sering berdiri di jendela ketika pelajaran berlangsung untuk melihat segerombolan pemusik jalanan. Hingga suatu ketika, ia harus dikeluarkan dari sekolah karena tak ada guru yang sanggup menghadapi kelakuannya. Kisah Totto masih berlanjut di sekolah barunya.

Sumber: ulfahwahyu.com

 

  1. Serial novel anak Mata

Novelis Okky Madasari telah merilis serial novel anak yang cocok untuk menemani anak di rumah. Serial pertamanya adalah Mata di Tanah Melus, menceritakan tentang anak perempuan bernama Matara yang melakukan perjalnaan ke wilayah terluar Indonesia bersama sang mama. Setelah sukses dengan novel anak pertamanya, Okky kembali merilis serial Mata selanjutnya, yaitu dengan judul Mata dan Rahasia Pulau Gapi, Mata dan Manusia Laut, serta Mata dan Nyala Api Purba.

Sumber: twitter.com

  1. Bella dan Balon Merah

Buku anak yang ditulis oleh pasangan Devi Raissa dan Guntur G ini menceritakan tentang tokoh Bella yang sedang mencari ke arah mana balonnya terbang. Ia pun memulai petualangannya hingga menemukan balonnya berada di keluarga beruang. Dengan buku ceirita ini, kamu bisa mengajarkan anak untuk mengenal emosi, empati, dan memecahkan masalah.

Sumber: shopee.com

  1. Halo Balita: Kisah Nabi Muhammad Saw.

Buku cerita bergambar ini karya dari Iwan Yuswandi. Buku ini bisa kamu gunakan agar anak mulai mengenal dan meneladani Nabi Muhammad SAW. Buku ini cocok untuk anak yang masih balita karena didukung oleh gambar-gambar yang berwarna.

Sumber: bukalapak.com

  1. Good Night, Amelia

Rekomendasi terakhir karya BOOKaBook ini cocok untuk dijadikan sebagai buku pengantar tidur kesayangan. Buku ini bercerita tentang hewan-hewan yang mengantuk dan hendak tidur. Dalam buku, ada bagian mulut hewan yang bisa dibuka sehingga hewan-hewan tersebut terlihat seperti menguap dan mengantuk. Seru, bukan?

Sumber: shopee.com

Nah, itulah lima rekomendasi buku bacaan untuk si kecil yang bisa kamu gunakan agar si kecil betah dan nyaman di rumah. Dari pada mengajak anak ke luar rumah, alangkah lebih baik jika menjaga si kecil untuk tetap di rumah dan melakukan hal bermanfaat dengan membaca buku. Kegiatan membaca ini juga bisa meningkatkan minat baca anak sedari dini.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.