Sumber: beningpertiwi.com

Setelah membaca buku apakah kamu suka membuat review bukunya? Review buku ini sangat berguna bagi para calon pembaca sebelum ia membaca sebuah buku. Melalui review, calon pembaca akan tahu apakah buku yang akan dibacanya sudah tepat atau belum. Nah, dengan demikian review buku yang baik tentu adalah review yang profesional dan seobjektif mungkin. Apakah review bukumu sudah demikian? Bila belum, kamu perlu untuk melakukan cara-cara berikut ini!

 

Tulis Identitas Buku

Pertama, dalam menuliskan sebuah review buku, penting untuk menuliskan identitas buku selengkap mungkin. Mulai dari judul buku, penulis, kategori, hingga ISBN, tahun terbit, sampai pada penerbit buku. Tulis selengkap mungkin identitas atau keadaan khusus yang melekat pada buku. Hal ini karena kebanyakan identitas buku merupakan pertanyaan mendasar yang banyak dicari oleh orang.

Baca Daftar Isi dan Sinopsisnya

Saat me-review buku, biasakan untuk membaca daftar isi dan sinopsisnya terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu akan memahami garis besar isi buku sebelum masuk pada pembahasan detailnya. Dari sini, secara sekilas kamu akan mulai tergambar juga alur dari buku yang akan kamu review. Setelah kamu sudah memahami garis besar isi buku, baru lanjutkan pada langkah selanjutnya, yaitu baca bukunya sampai tuntas.

Baca Buku sampai Tuntas

Langkah berikutnya kamu harus membaca bukunya sampai tuntas. Meski sebelumnya kamu telah membaca daftar isi dan sinopsisnya, kamu tetap harus membaca bukunya sampai tuntas agar isi ­­review-mu nanti sesuai dengan isi bukunya. Selain itu, dengan membaca buku sampai tuntas, kamu tentu akan jauh lebih paham lagi dengan buku tersebut. Imbasnya, review yang kamu berikan pun akan berbobot dan bisa jauh dari kata subjektif.

Sumber: kompasiana.com

Sampaikan Teknik Penulis

Bila sudah menuliskan identitas dan memahami isi buku, pertanyaannya apa yang harus dimasukkan lagi dalam review buku? Jawabannya adalah sampaikan teknik menulis yang digunakan oleh penulis. Misalnya, apakah penulis menggunakan bahasa sehari-hari ataukah bahasa teknis, hingga pada penggunaan alur dan setting andaikan buku yang akan kamu review bergenre novel. Namun, karena review ini adalah tanggapan atau ulasan, tentu tidak semua hal dari buku bisa kamu masukkan, pilih beberapa hal saja yang bisa membangkitkan rasa penasaran pembaca.

Cantumkan Hal yang Kamu Suka

Poin penting yang juga patut ada dalam review bukumu adalah cantumkan hal yang kamu suka. Jangan hanya memasukkan poin-poin kelemahan atau kekurangan bukunya saja. Kamu juga perlu untuk menunjukkan poin kelebihan atau hal-hal yang kamu suka dan berkesan dari buku tersebut. Bisa juga memberikan cuplikan singkat dari isi buku. Namun, tetap ingat untuk tidak terlalu banyak menceritakan isi buku agar pembaca tetap merasa penasaran dan makin ingin membaca buku tersebut.

 

Apakah review bukumu kini sudah menggunakan cara-cara di atas. Bila sudah kamu selangkah untuk menjadi penulis review yang profesional. Langkah selanjutnya tentu makin seringlah menulis agar tulisanmu tiap harinya pun makin berkualitas. Nah, bila kamu sudah terbiasa menulis, bisa jadi suatu saat nanti kamu bisa menerbitkan bukumu sendiri atau bahkan membantu author untuk menulis, seperti jasa menulis buku Malang.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping