Sebagai peringatan Hari Dongeng Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Maret kemarin, tidak ada salahnya jika kita perlu mengetahui siapa saja penulis dongeng yang terkenal di dunia. Dengan mengenal para penulis yang hebat dapat menciptakan inspirasi atau ide bagi kita. Siapa tahu, kamu memiliki niat untuk menjadi the next penulis hebat yang menghasilkan karya luar biasa. 

Tidak usah panjang lebar, yuk, kita simak artikel berikut ini! 

 

Sumber: Disney.fandom.com

Hans Christian Andersen

Penulis dongeng asal Odense, Denmark, ini mulai menulis cerita dongeng dan menerbitkannya pada 1835. H.C. Andersen sebelumnya suka menceritakan kisah dongeng kepada neneknya. Sejak saat itulah ia bisa menjadi penulis dongeng terkenal di Eropa. Beberapa karyanya yang terkenal dan telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah dongeng Putri Duyung, Bebek Jelek, serta Gadis Penjual Korek Api.

 

Grimm Bersaudara

Pendongen selanjutnya yang tak kalah terkenal adalah Grimm bersaudara asal Jerman. Mereka adalah Jacob Grimm dan Wilhelm Grimm. Mereka mengaku bahwa dengan menulis dongeng, anak-anak akan bisa membaca dan memahami akan suatu hal. Selain itu, dongeng yang ditulis oleh Grimm bersaudara memiliki akhir yang bahagia bagi tokoh utamanya. Mereka menulis dongeng sejak 1812 hingga mampu menciptakan beberapa karya terkenal, seperti Hansel dan Gretel, Putri Salju, Putri Tidur, dan Pangeran Katak. Pasti kamu tidak asing dengan dongeng-dongeng karya Grimm bersaudara ini, kan?

 

Charles Perrault

Charles Perrault adalah penulis dongeng keturunan bangsawan dari Prancis. Selain menulis dongeng karya sendiri, Charles juga banyak menulis ulang dongeng lama yang ada. Saking begitu berjasanya dalam dunia dongeng, Charles juga mendapat julukan sebagai Bapak Dongeng. Karyanya yang paling terkenal antara lain Si Kerudung Merah, Cinderella, dan Kucing di Dalam Sepatu Boot.

 

Marie-Catherine d’Aulnoy

Sumber: abc.net.au

Penulis selanjutnya yang berasal dari Perancis dan keturunan bangsawan lainnya adalah Marie-Catherine d’Aulnoy atau juga dikenal sebagai Countess d’Aulnoy. Countess d’Aulnoy menulis banyak cerita sejak 1697 dan ia adalah pelopor genre cerita yang sekarang kita sebut sebagai dongeng. Karyanya yang paling terkenal ada kisah Finette Cendron (kisah yang mirip dengan Cinderella), Graciosa dan Percinet (kisah yang mirip dengan Putri Salju), dan Kucing Putih.

 

Joseph Jacobs

Joseph Jacobs adalah seorang penulis dongeng asal Australia. Namun, ia menerbitkan kisah-kisah dongeng yang ditulisnya di negara Inggris. Joseph mulai menerbitkan kisah dongengnya sejak tahun 1890. Salah satu ciri khas Jacobs ketika menulis cerita dongeng adalah menyisipkan berbagai gabungan kebudayaan yang ada di dunia. Karyanya yang terkenal antara lain Tiga Babi Kecil, Goldilocks dan Tiga Beruang, serta Jack dan Pohon Kacang.

 

Nah, itulah beberapa penulis dongeng yang karyanya cukup terkenal. Karya-karya mereka sudah menemani masa kecil anak-anak, bahkan juga kita ketika kecil dulu. Sampai-sampai banyak juga yang dijadikan film animasi.

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu berniat untuk membuat kisah dongeng juga? Kamu bisa memulainya dengan mempelajari materi-materi tentang dongeng yang telah disediakan oleh banyak e-course kepenulisan di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti komunitas penulis atau book writing camp yang ada di kotamu untuk bisa mendapatkan informasi terkait dunia kepenulisan.

Semoga artikel ini bermanfaat, semangat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.