Sumber: pixabay.com

Tahukah kamu bahwa tanggal 17 Mei merupakan peringatan Hari Buku Nasional?

Dengan adanya momentum Hari Buku Nasional ini, diharapkan kita semua bisa tersadarkan kembali akan peran penting literasi dan tergerak untuk semakin membumikan gerakan baca buku.

Bicara soal gerakan baca buku, kita punya para sosok keren yang didaulat sebagai Duta Baca Indonesia oleh Perpusnas RI. Tugas mereka adalah mengampanyekan, mengedukasi, dan mengajak masyarakat luas agar terlibat aktif dalam kegiatan literasi. Mereka juga sosok inspiratif yang dapat kita jadikan role model untuk lebih dekat dan mencintai buku. 

Siapa sajakah mereka? Ini dia ulasannya untukmu!

 

Tantowi Yahya (Duta Baca Indonesia 2006—2010)

Sumber: liputan6.com

Selain dikenal sebagai presenter berbagai acara ternama, Tantowi Yahya juga seorang public figure yang mempunyai karakter intelektual dan cerdas. Ia ditetapkan sebagai Duta Baca Indonesia pada tahun 2006 oleh Perpusnas RI sekaligus menjadi Duta Baca yang pertama.

Sejak kecil, Tantowi Yahya telah akrab dengan buku, termasuk buku-buku dari Amerika yang didapatkannya melalui Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Amerika (PPIA). Apalagi ketika menjadi presenter acara kuis Who Wants to be Millionaire, ia harus banyak membaca berbagai sumber agar paham dengan pengetahuan umum paling mutakhir. 

 

Andy F. Noya (Duta Baca Indonesia 2011—2015)

Sumber: kaskus.co.id

Andy Flores Noya atau lebih dikenal dengan sebutan Andy F. Noya merupakan seorang jurnalis, penulis, dan presenter kondang tanah air. Andy menjadi presenter Kick Andy yang kemudian mengangkat namanya ke jajaran sosok inspiratif di Indonesia. Pada tahun 2011, Andy F. Noya dianugerahi amanat sebagai Duta Baca Indonesia, melanjutkan Tantowi Yahya.

Jejak karier Andy F. Noya diawali dengan menjadi jurnalis hingga 19 tahun lamanya. Setelah itu, ia masuk ke kancah pertelevisian dan meng-handle acara berita Seputar Indonesia (Sindo). Kemudian, Andy memimpin acaranya sendiri bertajuk Kick Andy yang mengangkat kisah inspiratif dari orang-orang yang memotivasi. Semua jejak itu bisa terukir karena Andy sejak kecil sangat jatuh cinta dengan dunia tulis-menulis hingga ia pun memilih dunia tulis-menulis sebagai jalur karier di hidupnya. 

 

Najwa Shihab (Duta Baca Indonesia 2016—2020) 

Sumber: edukasi.kompas.com

Siapa yang tidak kenal Najwa Shihab? 

Perempuan cerdas yang berkarisma ini menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh di Indonesia berkat pemikiran kritisnya. Najwa Shihab telah memenangkan berbagai penghargaan sebagai presenter berita maupun talkshow, ia pun dipilih oleh Perpusnas RI untuk menjadi Duta Baca Indonesia periode 2016—2020. 

Kecintaan Najwa terhadap buku dan literasi tak perlu ditanyakan lagi. Ia telah berkawan dengan buku sejak usia dini, apalagi ayahnya adalah seorang alim ulama yang menjunjung tinggi keutamaan ilmu. Najwa telah membaca ratusan buku, bahkan tak jarang membagikan current reading-nya kepada pengikut di media sosial. 

Tertarik kepoin list bacaan Najwa Shihab? Siapa tahu bisa tertular kepintarannya, hehe. 

 

Gol A Gong (Duta Baca Indonesia 2021—2026)

Sumber: cnbcindonesia.com

Heri Hendrayana alias Gol A Gong merupakan sastrawan yang pernah membawa pulang penghargaan literasi nasional maupun internasional. Kiprah Gol A Gong untuk mengampanyekan gerakan literasi membawanya menjadi Duta Baca Indonesia 2021—2026, melanjutkan Najwa Shihab.

Gol A Gong sendiri telah menulis puluhan buku fiksi maupun nonfiksi. Ia juga menginisiasi kegiatan Gempa Literasi yang meliputi pelatihan, orasi literasi, hibah buku, beragam lomba literasi, penerbitan buku, hingga pertunjukan seni. Ia berkeliling Nusantara untuk mengakrabkan literasi ke setiap sendi kehidupan masyarakat. 

 

Bagaimana? Terpukau dengan pencapaian para Duta Baca Indonesia?

Dari mereka, kita dapat memetik motivasi agar semakin giat membaca dan menyebarluaskan kegemaran membaca. Ada banyak buku yang bisa dinikmati, mulai dari terbitan penerbit buku Malang maupun kota lainnya, baik buku fiksi maupun nonfiksi.

Tak hanya menjadi pembaca, bagi kamu yang punya minat menulis juga bisa mulai mengasah skill lebih lanjut. Apalagi sekarang sudah banyak pelatihan menulis, seperti Book Writing Camp yang akan membekalimu ilmu seputar dunia kepenulisan.

Selamat Hari Buku Nasional!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.