Istilah buku sebagai jendela dunia mengingatkan kita akan pentingnya membaca untuk memperkaya ilmu dan pengetahuan. Hal ini juga menunjukkan bahwa kita harus menjaga dan merawat buku dengan baik agar tidak rusak ketika dibaca ulang di masa mendatang. Sebagian orang mungkin masih merasa bingung bagaimana cara merawat dan menjaga buku yang baik dan benar. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan unutk menjaga dan merawat buku agar tidak rusak.

  1. Menyampuli buku

Ketika Anda membeli buku baru, Anda bisa memberinya sampul. Carilah sampul yang tebal dan kedap udara agar tidak lengket pada buku. Usahakan memilih sampul plastik yang bening agar sampul buku tetap terlihat. Periksa buku Anda secara berkala, jika sampul sudah mulai rusak maka Anda bisa menggantinya dengan sampul baru.

  1. Membuat pembatas buku

Ketika Anda sedang membaca buku, tetapi belum bisa menyelesaikannya maka janganlah mencoba melipat ujung bawah atau atas kertas buku sebagai penanda. Hal ini bisa membuat kertas buku rusak dan bisa saja mudah robek. Alih-alih melipat, Anda bisa membuat pembatas buku sebagai penanda bacaan Anda. Pembatas buku ini bisa macam-macam bentuknya, Anda bisa memvariasikan sendiri sesuai kreasi Anda, misalnya membuat pembatas dari kertas karton atau kertas lain yang agak tebal dengan ukuran 15×5 cm.

  1. Simpan di rak atau tempat khusus buku

Buat tempat khusus untuk menyimpan dan menata buku-buku Anda. Hal ini bertujuan agar buku-buku Anda tertata dengan rapi dan menghindari buku berserakan di mana-mana yang dapat mengakibatkan kerusakan karena suatu hal atau bahkan bisa hilang. Untuk material rak atau tempat yang digunakan, Anda bisa menggunakan rak yang terbuat dari nonwoven atau stainless. Setelah itu, susunlah buku dengan cara berdiri. Alangkah lebih baik lagi jika Anda bisa mengelompokkan buku Anda sesuai dengan genrenya sehingga akan memudahkan Anda saat mencari. Jangan lupa untuk rajin membersihkan rak secara berkala karena debu yang menempel di rak juga bisa berdampak pada buku.

  1. Memberi coretan pada Sticky Note

Kadang, saat membaca kita ingin membuat catatan dari bacaan yang kita baca. Alih-alih mencoret-coret di buku, lebih baik jika Anda mencoret-coret di Sticky Note kemudian ditempelkan pada kertas di buku.

  1. Tidak menekuk ke belakang saat membaca

Biasanya, demi kenyamanan tangan kita memegang buku saat membaca, kita menekuk salah satu bagian buku ke belakang. Inilah yang dapat membuat jilid pada buku Anda tidak bertahan lama. Oleh karena itu, saat membaca cukup bentangkan buku dengan menggunakan kedua tangan untuk membukanya. Jika Anda ingin memegang buku dengan satu tangan maka Anda bisa memegangnya di bagian tengah, bagian perbatasan antara kanan dan kiri buku.

Bagaimana, cukup mudah bukan merawat sebuah buku? Yuk, mulai sekarang merawat buku dengan baik.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.