Banyak fasilitas yang bisa memudahkan kita untuk menuntut ilmu, termasuk ilmu agama. Bahkan orang sibuk pun bisa dengan mudah untuk mendapatkannya. Kemudahan mengakses internet harusnya menjadi sarana kita lebih rajin menuntut ilmu. Tapi kenyataam yang didapat, semakin banyak pula orang yang tidak memanfaatkan kemudahan fasilitas ini untuk menuntut ilmu dengan alasan mengerjakan banyak aktivitas dan lain sebagainya.

Berikut tips belajar di waktu sibuk:

  1. Luruskan niat

Ingat bahwa setiap amal bergantung pada niatnya.

“”Sesungguhnya setiap amal itu (tergantung) pada niatnya.” (HR. Al Bukhari & Muslim).

  1. Harus meluangkan waktu khusus untuk menuntut Ilmu

Masalah kesibukan, setiap orang harus meyakinkan dirinya dalam hal ini pada satu batas tertentu. Seseorang yang sudah hidup berpuluh-puluh tahun boleh jadi hakikat usianya baru beberapa tahun, tak ada peningkatan, perbaikan, dan tambahan kebaikan.

Sesibuk apapun seorang muslim, ia harus menyisihkan waktu untuk menuntut ilmu, mempelajari kewajiban-kewajiban beragama, berbagai bentuk ibadah dan mu”amalah hingga yang berkaitan dengan profesi.

  1. Tidak bisa konsentrasi menimba ilmu bukan berarti meninggalkannya

Ketidakmampuan mencurahkan semua waktu untuk menimba ilmu tidak berarti dibenarkan meninggalkannya secara total. Bila seseorang tidak mampu berkonsentrasi penuh menuntut ilmu, ia harus berusaha untuk mendapatkan apa yang bisa didapatnya.

“”Jika kalian diperintah suatu perkara, maka lakukanlah semampu kalian.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Manfaatkan teknologi modern

Akses yang mudah di zaman ini berarti menjadi salah satu kemudahan kita dalam menuntut ilmu. Kendaraan bermesin dengan cepatnya bisa mengantarkan kita menuju tempat tujuan, jaringan internet yang bisa diakses di mana saja memudahkan kita mencari apa saja yang kita butuhkan, handphone yang memudahkan kita berkomunikasi dan masih banyak lagi. Jadikanlah teknologi, fasilitas yang kita miliki saat ini sebagai media menuntut ilmu, menjadikannya lebih bermanfaat.

Referensi: muslimah.or.id

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.