Sumber: instagram/@benzbara_

Di antara kalian ada gak sih yang masih sulit untuk memulai tulisan? Atau mungkin ada yang tidak percaya diri dengan tulisannya?

Jangan khawatir, kali ini akan ada tips menulis dari seorang penulis muda yang fenomenal, yaitu Bernard Batubara. Tahukan kamu siapa dia? Dia adalah penulis “Radio Galau FM” yang berhasil membuat pembacanya baper. Dijamin, setelah membaca tips yang diberikan di bawah ini, kamu akan berani dan percaya diri untuk memulai tulisan. Yuk, intip tipsnya!

Kebimbangan Karier: Jadi Editor Buku atau Penulis

Bernard Batubara atau yang lebih akrab dikenal dengan Bara, memulai awal kariernya sebagai seorang editor buku. Bara bekerja di penerbit buku selama satu setengah tahun. Saat mengurusi naskah orang lain, ternyata terbesit rasa rindu untuk mengerjakan naskahnya sendiri. Kemudian Bara sadar kalau ambisinya bukan menjadi editor buku, melainkan menjadi penulis.

Hingga akhirnya Bara memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak kerjanya sebagai editor buku. Bara pun berhenti menjadi editor dan fokus menjadi seorang penulis. Dia tidak menyesali keputusannya saat itu. Sampai hari ini, Bara telah menerbitkan lebih dari 10 buku dan 2 di antaranya telah naik ke layar lebar.

Pahami 5 Tips Ini Selama Menulis!

Menulis tidak boleh hanya sekadar menulis. Untuk bisa mencapai target, kita harus punya strategi yang bisa mendobrak semangat kita dalam menulis. Oleh karena itu, dalam suatu kesempatan, Bara telah berbagi tips yang bisa banget untuk kamu coba. Ini dia tips-tipsnya.

  1. PD dengan Tulisanmu

Ketika menulis, kalian pasti pernah berpikir, “Duh, kok jelek amat ya tulisanku?” Rasa gak PD itu jika dibiarkan akan terus mengganggu pikiran. Namun, di sini kamu perlu untuk memiliki sikap bodoh amat.

Nikmati saja menulismu, tuangkan semua dalam tulisan. Jangan berhenti menulis! Seiring berjalannya waktu, kamu pasti akan menyadari kalau tulisanmu makin hari makin bagus.

  1. Ikut Kelas Menulis

Selain belajar tips-tips menulis dari para penulis hebat. Mengikuti kelas menulis atau pelatihan menulis itu juga sangat penting, lho. Memang ini tidak langsung membuat tulisanmu bagus, tetapi setidaknya ada banyak ilmu yang didapat dari sana. Dengan bekal ilmu yang banyak, kamu akan semakin PD dengan tulisanmu. Berani mencoba, kan?

  1. Rajin Membaca

Semakin banyak buku bacaanmu maka semakin banyak pula sudut pandang yang dipelajari. Agar bisa mendapat banyak referensi, perbanyaklah membaca buku dari beragam genre. Dari beberapa buku bacaan tersebut, bisa jadi kamu menemukan inspirasi untuk menulis. Jangan malas membaca, ya!

  1. Bersikap Kritis

Kritislah terhadap tulisanmu. Hal ini sangat penting agar kamu tahu arah berpikirmu. Dengan kata lain, tidak hanya arah menulis saja yang perlu diperhatikan, tetapi arah berpikir juga. Saat tahu ke mana arah pikiranmu, kamu akan tahu tulisan macam apa yang akan kamu tulis.

  1. Atur Energi

Menulislah dengan stabil, tidak perlu terburu-buru. Nikmati! Jangan memforsir tenagamu seharian untuk menulis. Tulislah sedikit-sedikit, tetapi rutin setiap hari. Seperti peribahasa, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit!

 

Itu dia lima tips menulis ala Bernard Batubara. Gimana? Masih gak PD dengan tulisanmu? Dengan rajin menulis kamu juga bisa loh mengikuti jejak Bara untuk menjadi editor buku, penulis, atau bahkan ghostwriter. Yuk, bisa yuk PD menulis!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.