Masalah yang sering kali dihadapi oleh penulis pemula adalah kesulitan untuk mengembangkan ide yang dimilikinya. Maka Anda perlu mengetahui trik untuk mengembangkan ide menulis dengan baik yang mudah diaplikasikan. Jangan dulu panik tetapi semuanya harus Anda persiapkan sebaik mungkin. Jika ide ini tidak dikembangkan dengan baik maka bisa saja nanti materi yang dituliskan terlalu meluas dan tidak fokus.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda coba untu mengembangkan sebuah ide hingga menjadi naskah yang bisa diterbitkan menjadi buku. Memang pada akhirnya nanti bisa menyesuaikan dengan kenyamanan Anda untuk lebih mudah dalam menuliskan ide yang sudah dipersiapkan. Tetapi untuk pemula Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

Memahami Bidang atau Tema yang Diambil

Tentu sebelum menulis Anda sudah mengetahui atau memilih tema besar yang digunakan sebagai topik dasarnya. Tema tersebut sebaiknya adalah sesuatu yang Anda kuasai dengan baik. Penguasaan materi atau topik ini tentu akan menjadi modal dasar yang akan memudahkan Anda untuk bisa menulis dan mengembangkannya dengan memberikan informasi yang relevan tentunya.

Akan menjadi lebih sulit jika Anda ingin menulis sesuatu yang tidak terlalu dipahami dengan baik. Sehingga nantinya akan ada risiko informasi tidak valid dan mengurangi penilaian terhadap kualitas buku tersebut saat dibaca. Maka pemilihan topik utama sebagai tema tulisan Anda menjadi langkah penting dalam mengembangkan ide menulis.

Menuangkan Ide dalam Pikiran

Ketika menulis anggap saja seperti Anda sedang bercerita kepada orang lain tentang suatu hal yang sudah Anda ketahui dengan baik. Cobalah untuk menyampaikan setiap rangkaian kejadiannya secara runtut, sehingga nantinya akan mudah dipahami oleh para pembaca. Tuangkan setiap hal yang ada dalam pikiran Anda, tetapi harus tetap mempertimbangkan kesesuaiannya dengan topik pembahasan agar tidak melebar.

Jangan ragu saat sedang menulis karena itu akan menghambat pengembangan pemikiran Anda dalam menuangkan ide-ide di dalam pikiran. Tidak masalah jika Anda menuliskan semuanya, setelah itu Anda bisa meluangkan waktu untuk melakukan pengecekan ulang untuk melihat bagian yang mungkin sebaiknya dihilangkan atau bisa dikembangkan lagi.

Mempertimbangkan Isi Buku dari Sisi Lain

Saat Anda sedang mengembangkan ide menulis sebaiknya pertimbangkan juga dari sisi yang lain yaitu pembaca. Pastikan mereka bisa memahami tulisan Anda dengan baik serta menerima informasi secara maksimal. Anda boleh memiliki gaya tulisan tersendiri yang menjadikan itu sebagai ciri khas dalam buku Anda, tetapi harus tetap mempertimbangkan orang lain agar tulisan tersebut bisa memberikan manfaat yang optimal dan menginspirasi juga tentunya.

Dari ide dasar yang sudah ditentukan Anda bisa mengembangkannya menjadi sub ide berdasarkan informasi yang memang perlu diketahui oleh para pembaca sesuai target Anda. Dengan begitu nantinya informasi yang diberikan akan lebih utuh dan lengkap terkait ide atau tema yang dituliskan dalam naskah buku tersebut.

Setelah Anda melakukan pengembangan ide maka selanjutnya tinggal melakukan pengecekan untuk membuatnya menjadi kalimat yang efektif dan nyaman untuk dibaca. Sangat penting sebagai seorang penulis untuk membaca ulang tulisannya sebagai langkah evaluasi, sehingga Anda juga bisa memperbaiki jika ada kekurangan dalam proses penulisan. Hal yang terpenting dalam mengembangkan ide menulis adalah fokus pada tema atau topik utama yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Bagikan Ke:

1 comment

  1. […] bisa memotivasi diri Anda sendiri untuk bisa menulis salah satunya adalah dengan mencari tokoh penulis buku inspiratif yang akan menjadi contoh atau panutan Anda. Memiliki seorang tokoh yang menginspirasi […]

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.