Ketika Anda memiliki sebuah naskah yang menarik untuk diterbitkan menjadi sebuah karya tetapi takut ditolak maka penerbit buku indie adalah solusinya. Anda akan menemukan bantuan profesional untuk bisa menerbitkan hasil karya tulisan Anda dalam bentuk buku berkualitas. Dengan begitu memberikan manfaat untuk banyak orang serta mendapatkan keuntungan untuk diri sendiri bisa dicapai secara optimal.

Tentunya ketika akhirnya Anda memutuskan untuk menerbitkan buku melalui penerbit indie maka perlu diketahui prosesnya sejak awal penerimaan buku sampai siap dicetak dan didistribusikan. Secara garis besar proses ini sama dengan kebanyakan penerbit, Anda tinggal menyesuaikan aturan detailnya dengan jasa penerbit yang digunakan masing-masing.

Proses Editing

Setelah naskah Anda masuk dan melalui proses awal negosiasi maka akan segera dilakukan editing. Proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan penulisan dan informasi yang nantinya akan diterima oleh pembaca. Tentu proses editing ini sangatlah penting untuk diperhatikan dengan baik. Kualitas tulisan Anda juga akan dimaksimalkan dengan adanya penulisan yang minimal kesalahan sehingga pembaca bisa membaca informasi yang ada di dalamnya dengan lebih nyaman.

Keseluruhan isi dari naskah Anda akan dicek, tentunya komunikasi dari editor pihak penerbit indie akan terus dilakukan. Sehingga Anda juga bisa tetap mengontrol proses editing tersebut hingga menghasilkan naskah tetap sesuai dengan keinginan Anda sebelumnya dengan saran perbaikan tentunya. Hal ini menjadi salah satu kelebihan dari penerbit buku indie yang menguntungkan untuk anda manfaatkan.

Proses Layouting

Setelah proses editing selesai maka selanjutnya akan masuk ke proses layouting untuk membuat desain buku sampai siap dicetak. Desain ini juga akan disesuaikan dengan keinginan anda menyesuaikan tema atau pembahasan yang ada di dalam naskah buku Anda. Dengan layouter yang profesional dari pihak penerbit maka Anda akan mendapatkan bantuan dari ahlinya untuk menghasilkan tampilan buku lebih menarik.

Pemberian gambar dan desain tampilan buku secara keseluruhan akan dilakukan dalam proses ini. Tentu saja dalam jasa penerbit buku indie Anda akan selalu terlibat dalam setiap prosesnya. Desain layout dan cover yang akan digunakan tentu menggunakan persetujuan Anda sebagai penulis bukunya. Anda juga bisa mengonsultasikannya dengan mereka yang sudah lebih ahli dan berpengalaman untuk menentukan pilihan yang tepat.

Persiapan Cetak

Setelah proses layout naskah Anda akan kembali dilakukan pengecekan akhir untuk meminimalisasi adanya kesalahan yang masih terdapat di dalam buku. Langkah ini menjadi poin terakhir yang harus dilakukan sebelum akhirnya buku dicetak sesuai jumlah yang telah disepakati di awal. Persiapan cetak ini juga dilakukan dengan teliti serta optimal untuk menjamin buku Anda akan memiliki kualitas yang premium untuk dipasarkan.

Dalam tahap ini semua proses cetak juga akan dipertimbangkan dengan baik mulai dari kelengkapan naskah secara keseluruhan, jenis kertas, jenis cover, hingga konsep buku secara keseluruhan. Sehingga nantinya ketika sudah dicetak buku tersebut akan sesuai dengan keinginan serta harapan Anda sebelumnya. Setelah semuanya siap dan disepakati maka Anda tinggal menunggu proses cetak dari buku tersebut.

Memahami proses tersebut akan membantu Anda untuk sekilas mengerti bahwa proses menerbitkan buku bukanlah sesuatu yang instan. Untuk menghasilkan buku yang berkualitas premium membutuhkan waktu dan ketelitian yang tinggi. Maka dari itu, bantuan dari penerbit buku indie yang profesional adalah solusi tepat untuk anda pertimbangkan dengan baik.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.