Memang tidak semua orang memiliki kemampuan yang mumpuni atau mengetahui cara menulis buku dengan langkah yang tepat. Ketika Anda mengetahui betapa besarnya manfaat untuk diri sendiri dan orang lain dengan menulis buku maka akan timbul dorongan untuk juga bisa menghasilkan sebuah karya dalam bentuk buku.

Tetapi ketika keinginan itu muncul, banyak yang menemukan kendala setelah mulai menulis karena kesulitan dalam menyelesaikan karyanya. Salah satu hal yang harus Anda kuasai dengan baik adalah mendisiplinkan diri saat sedang proses menulis menyelesaikan bukunya. Terdengar sebagai sesuatu yang mudah untuk dilakukan tetapi pada kenyataannya begitu berat.

Menciptakan Waktu Luang

Jika harus menunggu adanya waktu luang tentu saja bukan cara menulis buku yang tepat untuk Anda lakukan karena pasti akan selalu ada alasan untuk menunda menyelesaikan tulisan Anda. Maka ciptakanlah waktu luang itu sendiri. Anda bisa mengambil sedikit waktu sebelum tidur atau sesaat setelah bangun di pagi hari. Investasikan waktu setidaknya 45 menit sampai 1 jam setiap harinya untuk terus menyelesaikan tulisan Anda.

Dengan terus menjaga konsistensi seperti itu maka buku Anda akan cepat selesai dan impian untuk menghasilkan karya akan segera terwujud. Memang harus sedikit memberikan tekanan pada diri sendiri, tetapi ketika Anda sudah membuat konsep yang jelas terkait buku yang akan ditulis maka akan lebih mudah untuk proses pengembangannya.

Menetapkan Target

Anda akan semakin terpacu untuk menyelesaikan buku adalah dengan salah satu cara menulis buku yang penting untuk diketahui yaitu menetapkan target. Namun penetapan target yang kurang tepat juga bisa menjadi bumerang untuk diri Anda sendiri. Maka cara yang paling benar adalah dengan menetapkan target secara realistis. Mulailah dari hal yang kecil dan target yang benar-benar bisa dipenuhi dengan baik, jika kemampuan menulis Anda sudah mulai berkembang maka target tersebut bisa ditingkatkan.

Meluangkan Waktu Untuk Membaca

Membaca adalah bagian dari cara menulis buku yang akan memperluas pengetahuan Anda sebelum bisa menuliskan sesuatu. Tidak hanya ilmu, tetapi membaca juga akan memperkaya perspektif pemikiran, kosakata, dan belajar untuk menghargai karya penulis lainnya. Sehingga dengan membaca Anda juga bisa membuat kualitas tulisan yang dibuat menjadi lebih optimal. Anda bisa sekaligus memanfaatkan langkah ini untuk membaca topik yang berkaitan dengan pembahasan dalam buku Anda.

Mencari Teman Seperjuangan

Anda bisa menemukan teman seperjuangan yang juga sedang menulis sebuah buku. Dengan begitu Anda bisa berbagi keresahan dan kendala yang mungkin dirasakan, sehingga bisa berbagi solusi serta saling menyemangati. Tentunya akan sangat menyenangkan jika Anda bisa mendapatkan teman yang memiliki pemikiran sejalan dan tujuan yang sama untuk bisa menulis buku dengan baik.

Dengan menerapkan beberapa hal tersebut maka Anda bisa segera menyelesaikan proses penulisan buku secara optimal. Jadi tidak ada alasan lagi bahwa menulis buku itu sulit atau tidak bisa diselesaikan dalam waktu yang cepat, semua itu bergantung pada cara Anda menyelesaikan tantangan tersebut. Temukan cara menulis buku yang membuat Anda merasa nyaman tetapi bisa meningkatkan kedisiplinan untuk bisa menyelesaikan buku dengan baik dan tepat waktu sesuai target.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.