Untuk mulai menulis tentu saja Anda harus memahami terlebih dahulu jenis-jenis naskah yang akan dikembangkan, pada dasarnya ada dua jenis naskah buku yang paling penting untuk Anda ketahui yaitu fiksi dan nonfiksi. Dengan menentukannya terlebih dahulu maka Anda akan lebih mudah untuk mengetahui arah konsep penulisan selanjutnya.

Jenis naskah ini menjadi hal yang harus dipilih pertama kali sebelum memulai menulis sebuah naskah buku. Pertimbangkan dengan baik jenis naskah mana yang akan Anda tulis sesuai dengan keinginan Anda. Sehingga nantinya akan lebih mudah untuk menyelesaikan penulisan naskah buku tersebut sampai diajukan ke penerbit.

Jenis Naskah Buku Fiksi

Sesuai namanya, buku fiksi memang isi kontennya adalah sesuatu yang tidak nyata. Berbagai hal yang ada di dalam naskah tersebut hanyalah rekaan yang dibuat untuk kebutuhan hiburan para pembacanya sehingga tidak bisa dibuktikan dalam kehidupan nyata. Biasanya jenis naskah buku yang satu ini berisikan cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi penulisnya. Buku dengan naskah fiksi ini akan berbentuk novel atau kumpulan cerita pendek.

Meskipun ceritanya dibuat dekat dengan kehidupan pembaca sehari-hari tetapi setiap konflik dan karakter yang ada di dalamnya hanyalah imajinasi. Alur naskah dibuat sedemikian rupa untuk bisa menghidupkan setiap karakter dengan konfliknya masing-masing untuk membuat perasaan pembaca terbawa dengan cerita yang disuguhkan.

Naskah Buku Nonfiksi

Berbeda dengan naskah fiksi, untuk jenis naskah buku nonfiksi ini berisikan informasi yang memang secara nyata terjadi di lingkungan masyarakat. Setiap hal yang disampaikan di dalamnya memang ditulis berdasarkan fakta dan kenyataan yang ada. Biasanya Anda bisa menulis naskah nonfiksi dalam bentuk tulisan populer, ilmiah, laporan, biografi, atau semacamnya. Sehingga nantinya para pembaca bisa mengetahui berbagai hal yang memang sebenarnya terjadi dan bahkan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam jenis naskah nonfiksi ada pilihan naskah monograf yang kontennya fokus pada satu bidang ilmu dan biasanya ditulis oleh para ahli, sedangkan buku referensi memiliki cakupan pembahasan yang lebih luas jika dibandingkan dengan monograf. Selain itu, jika Anda ingin menulis buku yang lebih ringan bisa memilih jenis trade book yang lebih pada pengetahuan secara umum sehingga bisa dibaca oleh siapa pun karena temanya juga umum.

Menentukan pilihan pada jenis naskah yang akan ditulis tentunya sangat penting. Anda bisa menentukannya bergantung pada berbagai pertimbangan termasuk kebutuhan informasi dari para calon pembaca yang dijadikan target. Dengan begitu nantinya pilihan jenis naskah buku Anda yang dikembangkan sampai proses terbit akan mampu bermanfaat serta menginspirasi para pembaca lebih tepat sasaran.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.