Dengan perkembangan dunia digital saat ini membuat adanya perubahan juga terhadap dunia buku, adanya buku digital menjadi hal baru yang saat ini sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat. Tentunya banyak pro kontra yang berkembang terkait adanya buku digital dan buku cetak. Padahal memang keduanya memiliki keunggulannya masing-masing bergantung dari cara Anda memanfaatkannya.

Dekatnya masyarakat saat ini dengan gadget yang seakan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari memang membuat banyak orang lebih dekat dengan dunia digital. Namun bukan berarti buku cetak yang bisa didapatkan secara fisik sudah tidak menarik perhatian para pecintanya. Sehingga memang pada dasarnya kedua jenis buku ini tidak bisa dibandingkan tetapi bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan Anda masing-masing.

Kemudahan Akses Buku Digital

Adanya buku digital ini memang dibuat untuk memberikan akses yang praktis kepada siapa pun untuk bisa membaca buku yang diinginkan hanya menggunakan smartphone. Anda bisa membaca di mana saja tanpa harus membaca buku fisik yang tebal untuk dibawa kemana-mana. Berbagai informasi dan hiburan dari buku yang dibaca bisa Anda dapatkan dengan mudah hanya dengan memanfaatkan smartphone. Hal ini menjadi perbedaan yang paling menonjol dari buku digital dan buku cetak.

Namun dibalik kemudahan tersebut ternyata ada beberapa dampak yang mengikuti. Saat membaca di smartphone maka ketika ada notifikasi yang masuk tentu akan mengganggu konsentrasi ketika membaca. Selain itu, terlalu lama membaca dengan melihat smartphone atau gadget tentu saja akan membuat mata menjadi lebih cepat lelah dan jika dilakukan di malam hari juga akan mengganggu kualitas tidur karena cahaya biru yang dipancarkan dari gadget Anda.

Buku Cetak yang Memberikan Prestige untuk Pemiliknya

Mungkin ada sebagian orang yang berpikir bahwa anak milenial pasti lebih menyukai buku digital dibandingkan dengan buku cetak karena lebih praktis dan hanya membutuhkan gadget. Namun ternyata berdasarkan survei ternyata masih banyak yang lebih memilih buku cetak atau fisik dibandingkan membaca buku digital.

Jika mempertimbangkan penggunaan buku digital dan buku cetak memang berbeda dengan membaca koran. Jika masyarakat saat ini memang lebih suka untuk membaca berita digital dibandingkan koran cetak, tetapi tidak sama halnya dengan membaca buku. Bahkan penjualan e-book di dunia juga mengalami penurunan yang menunjukkan minat baca di masyarakat masih tertarik pada buku cetak.

Pada dasarnya kondisi ini ibarat jam tangan, meskipun saat ini setiap orang sudah menggunakan ponsel yang tentunya memiliki penunjuk waktu tetapi masih banyak orang yang menggunakan jam tangan. Hal ini dikarenakan jam tangan akan memberikan kesan lebih menarik, elegan, hingga profesional pada penggunanya. Apalagi jika harga jam tangannya cukup mahal tentunya akan memberikan prestige tersendiri.

Begitu juga dengan buku, ketika memiliki buku yang sulit didapatkan atau karya penulis terkenal tentu akan memberikan kepuasan yang berbeda dibandingkan dengan buku digital. Maka di masyarakat sebenarnya buku digital dan buku cetak memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing, tidak bisa dibandingkan secara seimbang. Anda bisa memilih jenis buku yang lebih dibutuhkan dan memenuhi keinginan Anda untuk mendapatkan ilmu dan informasi dari buku tersebut.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.